PRAJURIT DAN PNS KODAM II/SWJ PERINGATI HARI PAHLAWAN

0
140

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Segenap Prajurit dan PNS TNI jajaran Kodam II/Sriwijaya se-Garnisun Palembang, Jumat (10/11/2017), melaksanakan Upacara memperingati Hari Pahlawan, bertempat di lapangan Apel Makodam II/Sriwijaya  Jln. Jend. Sudirman Km. 2,5 Palembang.

Dalam upacara  peringatan Hari Pahlawan tersebut, Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos., bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup) membacakan sambutan tertulis Menteri Sosial RI Khofifah Indar Parawansa mengajak untuk mengenang para pendahulu, pahlawan, perintis kemerdekaan dan pendiri Republik Indonesia. Sebab karena perjuangan mereka, bangsa Indonesia bisa menikmati hidup sebagai bangsa yang merdeka.

Dikatakannya juga bahwa seperti amanat Bung Karno, bangsa Indonesia harus menghormati jasa pahlawannya. Tanpa pengorbanan dan perjuangan para pahlawan dan perintis kemerdekaan, tidak akan ada gagasan besar untuk mendirikan sebuah negara yang bernama Republik Indonesia.

Upacara peringatan Hari Pahlawan yang berlangsung tertib dan khidmat kali ini mengangkat tema “Perkokoh Persatuan Membangun Negeri”. Tema tersebut dimaksudkan bahwa setelah kemerdekaan diraih, maka tahapan selanjutnya adalah bangsa Indonesia harus bersatu untuk bisa memasuki tahapan bernegara, selanjutnya yakni berdaulat, adil, dan makmur.

Dalam upacara tersebut, selain pembacaan Teks Pancasila oleh Pangdam II/Swj, juga dilakukan pembacaan pembukaan UUD 1945, pembacaan perjuangan dan pesan-pesan dari Pahlawan Nasional dan pembacaan doa untuk para Pahlawan Nasional dan juga untuk seluruh bangsa Indonesia oleh Perwira yang ditunjuk.

Ada beberapa pesan dan kata-kata mutiara dari para pahlawan nasional yang dibacakan. Di antaranya ; Pesan Pahlawan Nasional Jenderal Besar Sudirman; “Tempat saya yang terbaik adalah di tengah-tengah anak buah. Saya akan meneruskan perjuangan. Met Of Zonder Pemerintah, TNI akan berjuang terus”.

Pesan Pahlawan Nasional Supriyadi; “Kita yang berjuang jangan sekali-sekali mengharapkan pangkat, kedudukan, ataupun gaji yang tinggi”.

Pesan Pahlawan Nasional Bung Karno; “Beri aku 1000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya, dan beri aku 10 pemuda, niscaya akan kuguncang dunia. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa para pahlawannya”.

Turut hadir dalam Upacara peringatan Hari Pahlawan tersebut,  Irdam II/Swj Kolonel Inf Suko Basuki, para Pa Sahli Pangdam, para Asisten Kasdam II/Swj, Perwira LO AL/AU dan para Dan/Kabalak jajaran Kodam II/Sriwijaya.

Sumber             : Pendam II

Editor/Posting    : Imam Ghazali