Uncategorized

PRAJURIT DAN PNS KODAM II TES KESAMAPTAAN JASMANI

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Untuk mengukur hasil program pembinaan jasmani yang telah dilaksanakan selama ini dan sekaligus untuk mengukur tingkat kesegaran jasmani prajurit maupun PNS, Kodam II/Swj melaksanakan tes kesegaran jasmani atau tes kesamaptaan periodik periode II selama 2 (dua) kali dalam setahun.

Seperti halnya yang dilakukan prajurit dan PNS Kodam II/Swj di wilayah garnizun Palembang, Selasa (24/10/2017) melaksanakan tes kesegaran jasmani semester II TA. 2017,  bertempat di lapangan Jasdam II/Swj Km 9 Palembang. Pelaksanaan tes kesegaran Jasmani prajurit dan PNS Kodam II/Swj ini dilaksanakan secara bergilir, mulai tanggal 18 s.d 31 Oktober 2017 untuk kelompok Pama, Bintara, dan Tamtama maupun PNS. Sementara untuk kelompok Perwira Menengah akan dilaksanakan pada bulan November 2017.

Sebelum melaksanakan tes kesegaran jasmani yang diselenggarakan Jasdam II/Swj, seluruh prajurit Kodam II/Swj melakukan pemeriksaan kesehatan, cek denyut nadi, dan senam pemanasan. Berdasarkan hasil pemeriksaan oleh Tim kesehatan Kesdam II/Swj, bagi personel yang tensinya tinggi atau terlalu rendah (tidak normal) tidak diizinkan untuk mengikuti tes, harus tensi ulang, hari berikutnya sampai tensinya normal baru boleh ikut tes.

Kemudian dilanjutkan dengan tes kesegaran jasmani A, berupa lari sejauh 3.200 meter. Setelah istirahat sebentar dilanjutkan tes kesegaran jamani B yang meliputi Pull Ups, Sit Ups, Push Ups, dan Shutle Run. Selain tes kesegaran jasmani A dan B, pada hari berikutnya dilaksanakan tes ketangkasan renang dasar militer sejauh 50 meter bertempat di Kolam Renang Bala Putradewa Yonif Raider 200/BN, Gandus, Palembang. Khusus untuk PNS, tes kesegaran jasmani hanya berupa  kesegaran jasmani A, lari 3200 meter.

Secara terpisah, Kapendam II/Swj Letkol Inf Imanulhak, S.Sos menjelaskan  bahwa pembinaan jasmani prajurit Kodam II/Swj dilaksanakan secara bertahap, terus menerus serta berkesinambungan. Dan secara terjadwal, seluruh prajurit dan PNS satuan jajaran Kodam II/Swj melaksanakan pembinaan fisik jasmani, baik berupa olah raga umum maupun olah raga militer. Tujuannya untuk membina kesiapan fisik dan mewujudkan kemampuan fisik yang prima dalam mendukung pelaksanaan tugasnya.

”Sebagai alat pertahanan negara yang memiliki tugas berat untuk menjaga kedaulatan negara dan keutuhan wilayah NKRI, maka setiap prajurit harus memiliki kesiapan fisik yang prima dan stamina tubuh yang kuat. Prajurit harus selalu dalam kondisi sehat dan bugar, memiliki kesiapsiagaan yang tinggi, setiap saat harus siap bergerak dan ditugaskan,” pungkas Kapendam.

Sumber            : Pendam II

Editor/Posting   : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button