Pondok Pesantren Sabilah Al Jannah Terus Berinovasi Generasi Cinta Al-Quran

147

OKIKeberadaan Pondok Pesantren Sabilah Al Jannah yang terletak di Desa Cengal Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan terus melakukan pembenahan dan evaluasi terhadap kemajuan pondok pesantrennya.

Meskipun terbilang baru, pondok pesantren yang didirikan atas dukungan keluarga dan sudah terdaftar di Kantor Kementrian Agama Republik Indonesia. Hal itu diungkapkan Yogi Melta, Salah satu pengurus pondok pesantren tersebut kepada awak media.

“Kita pokus untuk meningkatkan kemampuan santri terhadap metode Hafal Al quran dengan pembinaan terhadap santri laki dan wanita dengan mengevaluasi para santri yang sudah hafal tersebut”, Kata Yogi Melta sambil menjelaskan bahwa ada sekitar 10 Santri laki dan 9 Santri Perempuan yang sudah mampu pada beberapa Juz Al quran tersebut.

Dirinya juga menambahkan, meskipun dengan berbagai kendala terkait efek pandemi Covid-19 ini, pihaknya tetap giat menerapkan protokol kesehatan Covid-19 guna membantu pemerintah memutus mata rantai penyebaran Covid-19 khususnya di lingkungan pesantren Sabilah Al Jannah.

“Tetap kita utamakan keselamatan dan kepatuhan protokol kesehatan terhadap segenap pengurus dan para santri di lingkungan pesantren ini, Salah satunya dengan sistem belajar yang disesuaikan antara kelompok santri laki dan santri perempuan, kita atur waktu belajar agar lebih efektif, misalnya jam belajar yang dilakukan setelah sholat wajib”, jelas Ipda Yogi Melta, SH yang juga seorang anggota Kepolisian yang bertugas di Polres OKI.

Ditambahkan juga olehnya, pihak pesantren sangat terbuka kepada semua pihak yang akan mengikuti pondok pesantren kepada putra putri yang berminat untuk di didik di Pondok Pesantren Sabilah Al Jannah tersebut.

“Kita akan bantu kepada calon santri khususnya dari golongan kurang mampu”, terang Yogi Melta sambil mengatakan bahwa Pondok Pesantren Sabilah Al Jannah didirikan oleh orang tuanya H. Adjat. SKM dengan dukungan segenap keluarga besar yang berdomisili di Desa Cengal Kecamatan Cengal Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Terpisah, Kepala kantor Kementrian Agama Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI) Drs. H A Sukri MM, ketika dihubungi awak media melalui saluran telepon, memberikan apresiasinya atas langkah yg telah dilaksanakan oleh pihak pengelola pondok pesantren Sabilah Al Jannah tersebut.

“Alhamdulillah, mudah mudahan metode hafal Alquran dapat dipertahankan atau bahkan bisa ditingkatkan lagi. kita selaku Kantor kementrian Agama Kabupaten Ogan Komering Ilir senantiasa mendukung taktis tersebut. Karena bukan hanya di cengal saja, tetapi termasuk seluruh daerah di Kabupaten Ogan Komering Ilir akan kita support. Misalnya kemaren (23/9/2020) kita juga meresmikan Rumah Tahfizd Miftahul jannah yg berada di desa ujung tanjung kecamatan tulung selapan. Kami ucapkan juga kepada para pengurus pondok pesantren, ustad dan ustazah atas dedikasi dan pengabdian yg diberikan dalam menerapkan metode hafal Alquran. Termasuk peningkatan metode dan konsep pelajaran lainya. Tak lupa kami ucapkan kepada rekan rekan media yang turut bersinergi membangun informasi khususnya dalam informasi kegiatan dalam lingkungan kantor Kementrian Agama Kabupaten OKI”, tandas Drs HA Sukri MM, seraya mengakhiri pembicaraan telepon nya.

 

Laporan : Marsidi III Editor : Syarif

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here