NusantaraPolriSecond Headline

Polsek Kenohan Giatkan Penyuluhan Karhutla

Sumateranews.co.id, KUKAR – Polres Kutai Kartanegara (Kukar) menggiatkan penyuluhan guna mencegah kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di daerah itu, Senin (15/6/2020).

Seperti yang dilaksanakan oleh Polsek Kenohan memberikan pembinaan dan penyuluhan Karhutlah agar warga masyarakatnya memahami tentang aturan hukum terkait dengan karhurlah.

Kapolres Kutai Kartanegara AKBP Andrias Susanto Nugroho melalui Kapolsek Kenohan AKP Salamun mengatakan kemarau panjang yang terjadi saat ini sangat potensial terjadi kebakaran hutan dan lahan jika tidak disikapi dengan hati-hati, antara lain tidak membuang puntung rokok sembarangan, membakar sampah, membuka lahan untuk perkebunan dengan cara membakar dan lainnya.

“Kami berharap melalui kegiatan itu bisa meningkatkan kesadaran masyarakat untuk bersama-sama mengantisipasi kemungkinan terjadinya kebakaran hutan dan lahan pada musim kemarau panjang kali ini,” kata Kapolsek AKP Salamun.

AKP Salamun mengatakan berdasarkan pengalaman kejadian selama ini, sebagian besar kebakaran hutan dan lahan karena faktor kelalaian manusia, hal itu yang harus diantisipasi sejak dini agar tidak terjadi lagi.

Penyuluhan dan sosialisasi dilakukan personel Polsek Kenohan melalui pola tatap muka langsung dengan warga maupun dengan menyebarkan selebaran, spanduk dan baliho.

“Personel juga kami tugaskan untuk melaksanakan bina penyuluhan kepada warga, jamaah masjid dan kelompok masyarakat,” katanya.

Dengan adanya sosialisasi dan penyuluhan diharapkan masyarakat semakin sadar dan bijak dalam bertindak karena jika terjadi bisa berakibat bermasalah hukum.

Laporan : Imam III Editor : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button