POLRI HARUS PERBAIKI MANAJEMEN INTERNAL

0
216

Sumateranews.co.id, INDRALAYA- Pihak kepolisian harus memperbaiki internal Polri untuk menekan budaya negatif seperti korupsi. Hal itu yang terungkap pada saat upacara Hari Ulang Tahun ke-71 Bhayangkara (Polri) di Ogan Ilir, Senin (10/7).
Bupati Ogan Ilir HM Ilyas Panji Alam mendapat kehormatan menjadi pemimpin upacara yang digelar Korps Kepolisian Republik Indonesia Resort Ogan Ilir (Polres OI) di halaman Markas Polres OI, membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo. Turut hadir dalam kegiatan tersebut antara lain Kapolres OI AKBP Arief Rifai SIK, Pimpinan DPRD OI Wahyudi ST, Dandim 0402 OI/OKI, Kajari Kayuagung, unsur SKPD Pemkab OI, Ibu-ibu Bhayangkari dan sejumlah tamu undangan.

Berbagai hal disampaikan Presiden RI melalui Bupati Ogan Ilir terkait fokus institusi Polri saat ini, seperti pihak kepolisian harus memperbaiki manajemen internal Polri untuk menekan budaya negatif seperti korupsi, penggunaan kekerasan yang berlebihan dan arogansi kewenangan.

Mantapkan soliditas internal dan profesionalisme polri guna mendukung terwujudnya Indonesia yang berdaulat, mandiri, dan berkepribadian. Optimalkan modernisasi polri dengan penggunaan teknologi informasi dalam pelayanan publik.

Tingkatkan kesiapsiagaan operasional, melalui upaya deteksi dini dan deteksi aksi dengan strategi polisional proaktif. Dengan demikian Polri tetap dapat lincah bertindak dalam menghadapi perkembangan situasi yang meningkat secara cepat. Tingkatkan kerja sama, koordinasi, dan komunikasi dengan semua elemen, baik pemerintah maupun masyarakat serta kolega internasional sebagai implementasi pendekatan sinergi polisional, guna mewujudkan situasi kamtibmas yang kondusif.

Saya selaku kepala negara tetap berkomitmen untuk mendukung terbentuknya Polri yang kuat, handal dan profesional, supaya tugas Polri untuk menjaga stabilitas kamtibmas, menegakkan hukum dan sebagai pelindung, pengayom dan pelayan masyarakat dapat dilaksanaan secara optimal “Dirgahayu Kepolisian Negara Republik Indonesia yang ke-71 tahun terus tegaklah menjadi rastra sewakottama, abdi utama nusa dan bangsa, ”ujar Bupati OI HM Ilyas Panji Alam.

Usai upacara, digelar juga sejumlah kegiatan yaitu pembagian penghargaan kepada 21 Anggota Kepolisian dan 1 satu orang PNS Polres OI yang menerima piagam sebagai petugas terbaik.

Acara dilanjutkan dengan simulasi Bela diri karate, dan pencegahan 3C serta penanganan unjuk rasa oleh para anggota polres OI, diteruskan syukuran pemotongan nasi tumpeng, pembagian tali kasih kepada sejumlah purnawirawan dan donor darah di ruang serbaguna Mapolres setempat.

Laporan : H. Sanditya Lubis
Editor : Imam Ghazali
Posting : Andre