Polres Prabumulih Terjunkan Ratusan Personel Amankan Karnaval  

0
245
foto ilustrasi

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Kepolisian resort (Polres) Prabumulih menurunkan sedikitnya sekitar 100 orang personel anggotanya untuk memberikan pengamanan di sejumlah jalur yang dilewati para peserta karnaval dalam rangka memeriahkan HUT Kota Prabumulih ke 16 tahun ini.

Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kasat Lantas, AKP Nofrizal Dwiyanto SH mengatakan, para personel yang diterjunkan di lapangan untuk mengantisipasi terjadinya kemacetan dijalur-jalur tertentu selama karnaval berlangsung.

“Petugas juga di lapangan melakukan pengaturan kendaraan bermotor sehingga jalannya karnaval tidak mengganggu proses perjalanan pengguna jalan lainnya khususnya pada jalur jalan sudirman yang merupakan jalur utama perlintasan tengah kota,” ujarnya.

Selain pengamanan jalur yang dilewati oleh para peserta karnaval, pihaknya juga menyebar sebagian personel lainnya untuk mengantisipasi gangguan kamtibmas yang dapat terjadi lantaran banyaknya warga yang antusias menonton sejumlah atraksi dan kreasi dalam karnaval tersebut.

“Sesuai arahan pimpinan kita, para personel dari beberapa satuan berbagi tugas masing-masing. Selain mengamankan jalur jalan lokasi karnaval juga mengantisipasi gangguan kamtibmas lainnya,” terangnya.

Nofrizal menuturkan, guna berjalannya acara karnaval pihaknya juga menutup Jalan Jenderal Sudirman lajur kiri dari arah Muara Enim menuju ke Palembang, yang digunakan untuk pawai karnaval tersebut.

“Jalan ditutup mulai dari tugu air mancur sampai jalur kawasan sepanjang jalan Sudirman hingga ke kawasan jalur komplek Pertamina, Patih Galung. Arus kendaraan dialihkan ke jalan alternatif jalur arah Baturaja. Untuk kawasan di Simpang Relay, Tugu Kecil dilakukan sistem buka tutup dan semuanya alhamdulillah berjalan lancar,” tandasnya seraya mengatakan, sebelum hari H pawai karnaval berlangsung pihaknya pun telah mengimbau warga melalui jalan alternatif untuk menghindari kemacetan.

Pantauan sumateranews.co.id, mulai sejak sekitar pukul 06.00 WIB tadi pagi, sebagian warga sudah banyak memadati pinggiran di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman guna menyaksikan pawai karnaval. Bahkan hingga petang harinya ribuan warga terus berdatangan berjubel dengan antusias menonton berbagai atraksi dan kreasi karnaval yang diikuti seluruh sekolah mulai tingkat dasar, menengah hingga tingkat atas yang ada di kota Prabumulih.

Pelaksanaan pawai karnaval pun semakin meriah, setelah puluhan iring iringan mobil hias dari sejumlah instansi dan pihak swasta ikut meramaikan memadati lokasi pawai.

Laporan : Donny

Posting   : Andre