Polres Prabumulih Himbau Warga Waspadai Penipuan Modus Investasi dan Santunan Anak Yatim

0
201

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Kepolisian resort (Polres) Prabumulih mengimbau kepada masyarakat untuk selalu waspada terhadap sejumlah modus penipuan yang marak terjadi ditengah masyarakat. Pernyataan itu disampaikan oleh Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kasat Binmas, AKP Dedi Rahmad SH, Minggu (08/10).

“Kita mengimbau kepada seluruh masyarakat agar berhati-hati dan waspada terhadap sejumlah modus penipuan. Jangan mudah percaya sama orang baru dikenal apalagi sampai melepas barang-barang berharga yang dimiliki,” sebut Dedi Rahmad Hidayat.

Modus penipuan yang banyak dilakukan para pelaku, sambung Dedi, dengan menawarkan produk investasi baik berupa uang maupun barang dengan beragam penawaran keuntungan. Selain itu, ia Juga mewanti terutama bagi kalangan ibu rumah tangga untuk berhati-hati terhadap modus penipuan berkedok mengajak pengajian dan menyantuni anak yatim.

“Banyak ragam dan cara penipuan dilakukan para pelaku saat ini, terutama korbannya kebanyakan ibu-ibu rumah tangga. Modusnya dengan menawarkan pengelolaan dana atau investasi yang menggiurkan atau modus penipuan santunan anak yatim,” terang dia.

Lebih jauh disebutkan Dedi, meski belum ada laporan terkait modus penipuan itu. Namun dirinya meminta kepada masyarakat agar segera melapor ke petugas bila ditemukan atau terjadi kasus penipuan supaya bisa diberantas sampai keakarnya.

“Selain itu, lihat juga kelengkapan administrasi perizinannya seperti Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) bukan izin untuk melakukan penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan investasi atau berpura-pura mengadakan acara kegiatan anak yatim, bila ada ini laporkan ke kita atau kantor polisi terdekat biar bisa di cek betul atau tidak,” tandasnya, seraya menambahkan pihaknya sudah memerintahkan anggotanya untuk terus memantau dan menghimbau kepada warga khususnya ibu rumah tangga agar tetap waspada terhadap tindak pidana penipuan.

Laporan : Donni

Posting   : Andre