HeadlineNusantaraPagaralamPolriSecond HeadlineSumsel

Polres Pagar Alam Gelar Pasukan Operasi Lilin Musi 2020, Ini Sasarannya!

PAGAR ALAM – Kepolisian Republik Indonesia secara serentak akan melaksanakan operasi Operasi Lilin 2020 menjelang Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2021.

Kegiatan ini akan dilaksanakan di seluruh Indonesia mulai 21 Desember 2020 hingga 4 Januari 2021 dengan tujuan untuk pengamanan situasi kamtibmas selama liburan Natal dan Tahun Baru.

“Ini sesuai perintah Kapolri Jenderal Pol Idham Azis, yang menekankan kepada jajaran di seluruh Polda untuk membuat pemetaan daerah rawan tindak pidana dan kecelakaan lalu lintas.

Polri akan mendirikan pos-pos pengamanan dan pelayanan selama libur panjang Nataru. Untuk itu, koordinasi dengan wilayah untuk memetakan titik-titik sentral kewilayahan sangat diperlukan,” ujar Kapolres Pagar Alam, AKBP Dolly Gumara SIk MH, saat membacakan amanat Kapolri, di Apel Gabungan Ops Lilin Musi 2020, di Mapolres Pagar Alam, Senin (21/12/2020).

Misalnya, ia lanjutkan, daerah alur utama mudik, jalur alternatif, beberapa titik yang dibuatkan pos pengamanan, beberapa titik anggota untuk di tempatkan di sana, serta beberapa pos pelayanan terpadu dan sebagainya.

Dalam amanat itu juga, Kapolri Jenderal Pol. Idham Aziz menekankan perlunya pengamanan Nataru (Natal dan Tahun Baru 2021) lantaran pada moment tersebut antisiasi potensi gangguan yaitu kamtib dan kamseltibcar tidak hanya di wilayah Indonesia juga bisa terjadi di Kota Pagar Alam.

Untuk itu, sambung Kapolres, dalam pengamanan ini perlu melibatkan TNI Polri, Pemkot Pagaralam melalui satker terkait Dishub, Dinas PUPR, Satp PP, Dinkes, Tagana, BPBD/Basarnas, Senkom sehingga diharapkan dapat menciptakan kenyamanan dan keamanan. Baik itu, potensi gangguan 3C (Curas, Curat, Curanmor), kemacetan, pengrusakan tempat umum serta bencana alam. Termasuk antisipasi aksi radikalisme, bentrok antar pemuda dan kampung.

“Sejumlah wilayah pengamanan akan difokuskan di tempat umum, tempat ibadah dalam rangkan menciptakan situasi yang aman dan nyaman selama Natal dan pergantian tahun baru,” beber Kapolres.

“Terakhir, melalui gelar pasukan Ops Lilin Musi 2020 kita tingkatkan profesional Polri dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2021 guna memberikan rasa aman, dan nyaman di tengah Pandemi Covid 19,” tandasnya.

Selanjutnya, pelaksanaan Apel gabungan juga ditandai dengan penyematan pita tanda Ops Lilin Musi 2020 dimulai mewakili perwakilan personel. Turut dihadir dalam kegiatan itu, Sekdakot Pagaralam Drs Syamsul Bahri Burlian, Kajari Pagaralam M Zuhri SH MH, Assisten I Setdakot Pagaralam Agus Ahmad, serta pejabat kepala dinas di lingkup Polres Pagar Alam.

Laporan : Herman III Editor : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button