Polres Lampung Utara Gelar Upacara HUT ke-73 Bhayangkara

16

Sumateranews.co.id, LAMPUNG-Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Polres Lampung Utara menggelar upacara HUT ke-73 Bhayangkara dengan tema “Semangat Promoter, Pengabdian Polri untuk Masyarakat Bangsa dan Negara” bertempat di Lapangan Mapolsek Abung Semuli dengan Inspektur Upacara Bupati Lampung Utara, Rabu (10/7/19).

Upacara HUT Bhayangkara juga diikuti Kapolres Lampung Utara AKBP Budiman Sulaksono, SIK, Dandim 0412/LU Letkol Inf. Krisna Pribudi, Wakil Bupati Lampung Utara H. Budi Utomo, SE, MM., Danyon Kompi C Brimob Polda Lampung Kompol Saifullah, Plh. Sekda Kab. Lampung Utara, Aisten  II Kab. Lampung Utara, PJU Polres Lampung Utara, Kejaksaan Lampung Utara, Pengadilan Lampung Utara, tokoh agama, tokoh masyarakat, pengurus Bhayangkari Cabang Lampung Utara dan Kepala Dinas, Camat, Kepala Desa se- Kab. Lampung Utara.

Bupati Lampung Utara H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP. MH. dalam sambutan membacakan amanat Presiden Republik Indonesia Ir. Joko Widodo mengucapkan terima kasih kepada Polri selama ini atas pengabdian Polri yang telah menjaga keamanan dan ketertiban segenap rakyat.

Polri telah berhasil mendapat kepercayaan masyarakat, dan telah mampu mengamankan event internasional seperti Asian games, Asian Paragames, dan IMF IMF-World Bank Annual Meeting 2018. Polri dan TNI juga telah mengamankan penyelenggaraan Pilkada Serentak 2018 dan Pemilu 2019, sehingga terselenggara dengan aman, damai, dan demokratis. Seluruh agenda kemasyarakatan juga dapat terselenggara dengan aman, mulai dari perayaan Natal 2018, Tahun Baru 2019, sampai dengan Ramadhan dan Idul Fitri 2019.

“Kendati demikian, Presiden melihat Polri masih memiliki banyak tantangan di masa depan. Mengakhiri amanat ini, saya akan menyampaikan beberapa instruksi sebagai pedoman dalam pelaksanaan tugas,” kata Bupati Lampung Utara H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP. MH di hadapan ratusan peserta upacara.

Pertama, Presiden berpesan agar Polri terus tingkatkan kualitas sumber daya manusia Polri guna menghadapi berbagai tantangan tugas yang semakin kompleks. Kedua, Presiden meminta Polri terus mengedepankan strategi proaktif dan preventif dengan pendekatan dan tindakan humanis. Ketiga, terus tingkatkan kualitas pelayanan publik yang modern, mudah dan cepat.

Keempat, Presiden Jokowi juga meminta Polri terus meningkatkan profesionalisme dan transparansi dalam penegakan hukum, serta memberikan rasa adil kepada masyarakat. Terakhir, perkuat koordinasi dengan  TNI, kementerian/lembaga, pemerintah daerah, serta masyarakat, dalam memelihara keamanan dan ketertiban sosial.

Ke depan diharapkan Polri dapat semakin meningkatkan kemampuannya semakin profesional modern dan terpercaya. “Selamat hari Bhayangkara ke 73, semoga Polri makin jaya,” ungkap upati Lampung Utara H. Agung Ilmu Mangkunegara, S.STP. MH.

Sementara itu, Kapolres Lampung Utara AKBP Budiman Sulaksono, S.I.K. mengatakan pihaknya sengaja menggelar upacara di luar mako polres karena ingin masyarakat juga ikut memeriahkan HUT ke-73 Bhayangkara, untuk meningkatkan silaturahmi serta merupakan bentuk kedekatan nyata dari Polri kepada masyarakat.

“Sesuai dengan Tema HUT ke-73 Bhayangkara yaitu “Dengan Semangat Promoter Pengabdian Polri untuk Masyarakat, Bangsa dan Negara”, dapat mendekatkan diri kepada masyarakat,” kata Kapolres usai upacara.

Usai melaksanakan upcara, Kapolres memberikan penghargaan kepada Pemda Lampung Utara, Kodim 0412/LU, Kadis Kominfo, Kepala Desa dan masyarakat yang telah banyak membantu dan berkontribusi pelaksanaan tugas – tugas Polres Lampung Utara kepada masyarakat Lampung Utara.

Laporan          : Apriyadi

Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here