Polres Himbau Warga Waspadai Beredarnya Uang Palsu

0
121

sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Tingginya transaksi jual beli selama menjelang lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah membuat peredaran uang palsu di pasaran rawan terjadi. Hal itu disampaikan Kapolres Prabumulih, AKBP Andes Purwanti SE MM melalui Kabag Ops, Kompol Andi Supriadi SH SIk MH, Rabu (21/06).
“Ramainya transaksi jual beli jelang lebaran sekarang ini di khawatirkan di manfaatkan oleh oknum tak bertanggungjawab untuk mengedarkan uang palsu. Untuk itu, kita minta seluruh warga khususnya di kota Prabumulih agar selalu mewaspada terhadap peredaran uang palsu di pasaran,” ujar Andi Supriadi dibincangi disela-sela kesibukannya kemarin.
Menurut Kabag Ops, biasanya para pelaku memanfaatkan kelengahan para korbannya saat bertransaksi. Meski dikatakannya, belum ada laporan dari masyarakat terkait ditemukannya uang palsu tersebut, namun pihaknya terus menginstruksikan jajarannya agar terus memantau di lokasi keramaian khususnya kawasan Pasar Inpres Prabumulih.
“Kita imbau kepada siapa saja yang mencurigai atau menemukan adanya uang palsu yang beredar di masyarakat dapat segera melaporkan kepada kita atau Polsek-polsek terdekat agar dapat segera ditanggulangi,” kata dia seraya menegaskan bagi pelaku yang tertangkap akan ditindak tegas sesuai hukum berlaku.
Selain itu, disebutkan Andi para pelaku juga biasanya menyasar para pedagang atau penjual yang berusia lanjut karena lebih mudah diperdaya.
Untuk itu, lanjut Kabag Ops, ketelitian saat menerima uang harus benar-benar diperhatikan diantaranya dengan melakukan pengecekan 3D guna mengetahui keaslian rupiah yakni dengan cara dilihat, diraba dan diterawang.
“Warga saat ini dituntut untuk lebih pintar dalam mengecek keaslian uang, periksalah uang secara teliti dengan 3D untuk membedakan antara uang asli atau uang palsu. Biasanya uang palsu lebih halus, mudah rusak dan tintanya cepat luntur,” tandasnya.
Laporan : Bobby
Editor : Donny
Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article