Polres Asahan Gelar Pemusnahan BB Sabu dan Pil Ekstasi

48

Sumateranews.co.id, TANJUNG BALAI – Polres Asahan menggelar pemusnahan barang bukti Narkotika jenis Sabu dan pil Ekstasi, di halaman Mapolres Asahan, Jum’at (14/02/2020). Pemusnahan ini, dihadiri Bupato Asahan H Surya BSc dan Dandim 0208/Asahan Letkol Inf Sri Marantika Beruh.

Dalam pemusnahan tersebut, dihadirkan juga 4 orang tersangka, yaitu Zulham Simangunsong, Ronald Marpaung, Darwin Harahap alias Aseng dan Alanshor alias Kapten Ansor.

Dari keempat tersangka, diamankan barang, berupa 2 bungkus besar berisi narkoba jenis Sabu, 1 bungkus besar berisi pil ekstasi, 1 unit timbangan digital, 8 unit Handphone, uang tunai Rp.6.500.000, 3 buah cincin emas, 1 unit sepeda motor merk Yamaha Vega, buku tabungan beserta kartu ATM dan surat-surat.

Dari data yang berhasil dihimpun, pengungkapan tindak pidana ini, berawal dari keterangan yang di berikan oleh tersangka yang sebelumnya telah di tangkap atas nama Zulham Simangunsong alias Zul dan Ronald Marpaung, yang menurut keduanya Narkotika jenis sabu tersebut, di peroleh mereka dari seorang yang bernama Darwin Harahap alias Aseng.

Berdasarkan keterangan kedua tersangka itu, kemudian di lakukan pencarian terhadap Darwin Harahap alias Aseng yang di ketahui keberadaanya di kota Medan, yang selanjutnya personil Sat Narkoba yang di pimpin oleh Kasat narkoba Polres Asahan AKP Antony Tarigan dan Kanit Lidik I IPTU ER. Ginting SH.MH, melakukan pengembangan menuju kota Medan guna mengungkap jaringan peredaran Narkotika jenis Sabu tersebut.

Kemudian, Senin tanggal 20 Januari 2020 sekitar pukul 12.00 Wib personil Sat Narkoba, yang di pimpin oleh Kasat Narkoba Polres Asahan AKP Antony Tarigan dan Kanit Lidik I IPTU ER. Ginting SH.MH, berhasil melakukan penangkapan terhadap Aseng yang di ringkus di pelataran Parkir RM Garuda jalan Patimura Medan.

Hasil interogasi terhadap Aseng, di ketahui bahwa ia masih menyimpan Narkotika jenis Sabu yang di sembunyikan di rumah miliknya di Dusun I Desa Air Joman Kecamatan Kabupaten Asahan.

Dari pengakuan tersangka tersebut, kemudian tim bergerak menuju lokasi yang di maksud, setiba di lokasi sekira pukul 20.00 Wib, selanjutnya dilakukan penggeledahan dan petugas berhasil menemukan barang bukti berupa dua bungkus besar Narkotika jenis Sabu yang disimpan di dalam kaos kaki dalam tempat tidur di kamar milik Aseng.

Di ketahui, bahwa barang bukti tersebut, adalah miliknya yang ia dapat dari seorang perempuan yang merupakan bandar Narkotika jenis sabu, dengan nama panggilan Bian melalui jalur laut Perairan Malaysia – Indonesia di pelabuhan Tanjung Balai Asahan.

Lalu lelaki dan barang bukti yang di temukan kemudian di bawa ke Satuan Narkoba Polres Asahan guna proses penyelidikan lebih lanjut.

Terhadap tersangka, akan di kenakan pasal 114 ayat (2)subs pasal 112 ayat (2) Jo pasal 132 ayat (1) undang-undang RI No 35 Tahun 2009, tentang Narkotika dengan ancaman hukuman pidana mati, pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 6 tahun dan paling lama 20 tahun.

Laporan:Nurlaili

Editor : Herry Eddy

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here