PKPI, Parpol Terakhir Mendaftar di KPUD

0
188

Sumateranews.co.id, PALI-    Tiga puluh menit menjelang penutupan penyerahan berkas pendukung sipol kepada Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) menjadi parpol yang terakhir mendaftar.

Meski waktu penutupan telah diperpanjang 1 x 24 jam oleh KPU Pusat, ternyata belum membuat partai ini (PKPI, red) mempersiapkan segala persyaratannya. Hal ini diungkapkan Ketua Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) PKPI Kabupaten PALI, Adi Warsito, ST, MAp melalui sekretarisnya, Tedi Purba, Spdi. Menurutnya, keterlambatan ini terjadi karena pengiriman data oleh pengurus pusat.

“Padahal kita sudah mempersiapkan 1.000 lebih data KTP untuk dimasukkan sebagai sipol. Namun, saat ini yang kita terima hanya sebanyak 175 KTA yang terdaftar di sipol. Selain itu, kita terkendala dengan lambatnya pengiriman data (persyaratan pendukung) oleh pengurus pusat,” ujar Tedi didampingi bendaharanya, Arlison SH,  Selasa malam (17/10) 30 menit menjelang penutupan.

Di tempat yang sama, KPUD Kabupaten PALI, H Hasyim Hamid, SE, MSi melalui Komisioner Bagian Divisi Hukum, Santosa menjelaskan, bahwa untuk saat ini jumlah sipol dan berkas pendukung KTP dan KTA yang diantarkan PKPI Kabupaten PALI sama, dan pihaknya menerima berkas partai terakhir yang mendaftarkan diri tersebut.

“Tadi pagi mereka memang sudah datang, untuk konsultasi. Ternyata di dalam salinan data tersebut masih acak dan banyak yang ganda, kami minta untuk melakukan perbaikan, dan malam ini (Selasa malam) 30 menit sebelum penutupan PKPI sudah datang dan memperbaikan berkasnya. Kita sudah serah terima berkas, karena jumlah sipolnya sama,” terang Santosa.

Lebih lanjut, ia menambahkan, bahwa saat ini yang telah melengkapi sipol sebanyak 15 parpol, yakni Partai Golongan Karya (Golkar), PDIP, Perindo, PSI, PPP, NASDEM, PKS, PARTAI BERKARYA, PAN, PBB, DEMOKRAT, GERINDRA dan HANURA, PKB dan terakhir PKPI.

“Hanya ada sisa satu partai yang mendaftar, namum jumlah kuota KTA tidak mencukupi karena di PALI minimal 170 yang sesuai 1:1000, yakni partai Garuda. Jadi saat ini ada 15 parpol yang telah melengkapi berkas sipolnya,” pungkasnya.

Laporan             : Rica Mariska

Editor/Posting  : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article