Kasus & PeristiwaLampungNusantaraSecond Headline

Pj Bupati Tubaba Pimpin Upacara Peringatan HUT ke-105 Damkar

TULANG BAWANG BARAT – Penjabat (Pj) Bupati Tulangbawang Barat (Tubaba) Drs. M.Firsada M.Si memimpin jalannya upacara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-105 Pemadam Kebakaran (Damkar) Tahun 2024, yang berlangsung di Lapangan Upacara Pemerintah kabupaten Tubaba, Senin (04/3/2024).

Membacakan sambutan Mendagri, Pj Bupati Tubaba mengatakan, tanggal 1 Maret merupakan hari bersejarah bagi petugas Damkar yang dahulu dikenal dengan sebutan brandweer, di mana sejak tahun 1919 telah memberi pelayanan pencegahan, Damkar dan penyelamatan terhadap korban kebakaran dan bencana lainnya.

Dia juga menjelaskan peran petugas Damkar hadir dengan memberikan pelayanan kebakaran kepada masyarakat merealisasikan tugas pokok dan fungsi pemadam kebakaran yang dikenal dengan panca dharma.

Di samping tugas pokok tersebut, lanjut Pj Bupati Tubaba, petugas pemadam kebakaran wajib siaga 24 jam, tidak mengenal hari libur, dan siap memadamkan kebakaran dengan motto “Pantang pulang sebelum api padam walaupun nyawa taruhannya”.

“Saya berharap kepada seluruh satuan tugas pemadam kebakaran, satuan sukarela pemadam kebakaran, barisan sukarela pemadam kebakaran agar selalu siap siaga, jangan lengah, harus sigap, cepat, dan cerdas dalam menghadapi kebakaran,” kata Pj. Bupati M. Firsada, saat membacakan sambutan Mendagri.

“Petugas Damkar harus selalu ingat bahwa lebih baik mencegah jangan sampai terjadi kebakaran dari pada harus memadamkan kebakaran,” tutupnya.

Seusai melaksanakan upacara tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan stimulasi oleh petugas pemadam kebakaran dalam memadamkan api dengan perlengkapan peralatan khusus. (Dedi)

Editor; Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button