Pilkada Mura 2020 Diprediksi Ada Dua Paslon Jalur Independen

71

Sumateranews.co.id, MUSI RAWAS – Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas tahun 2020, akan diprediksi diikuti dua pasang calon (Paslon) jalur independen atau perseorangan.

Kedua pasangan Bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Musi Rawas yaitu Wazanazi- Hairul dan Akmaludin Mustofa – Triono.

“Sudah ada dua pasang yang memberikan mandat berpasangan ke KPU Musi Rawas dan kita teruskan ke KPU RI, pertama Wazanazi- Hairul dan Akmal- Triono,” ungkap Komisioner KPU Musi Rawas Divisi Teknis, Apandi, Rabu (12/02/2020).

Lanjutnya Apandi, untuk yang jalur perorangan setiap pasangan harus menyerahkan berkas dukungan minimal 24.612 dukungan, yang tersebar di delapan kecamatan dibuktikan dengan surat pernyataan tertulis dan Kartu Tanda Penduduk (KTP)

“Sesuai PKPU, jalur perorangan minimal 8,5 persen, saat ini kita masih berpatokan atau mengacuh pada DPT Pileg 289.544,”ujarnya.

Sedangkan, untuk penyerahan syarat dukungan dibuka pada tanggal 19 sampai 23 Februari 2020. Dimana saat ini kedua pasangan tersebut sudah mendapat user dan pasword aplikasi Silon.

“Dua pasangan ini sudah mendapat aplikasi Silon, sudah diberikan dan mereka sudah konsultasi juga ke KPU Kabupaten Musirawas, jadi dengan Silon ini mereka bisa menginput sendiri dukungannya,”Jelasnya.

Kemudian, syarat untuk mendapat aplikasi Silon tersebut kandidat harus menyerahkan Mandat berpasangan ke KPU Mura untuk diteruskan ke KPU RI.

“Nanti kalau memenuhi syarat minimal dukungan kita lakukan Verfal dan calon yang tidak memenuhi syarat kita kembalikan,” terangnya.

Verifikasi faktual tersebut nantinya akan dilakukan PPS salah satunya Verfal untuk cek dukungan Memenuhi Syarat (MS) dan Tidak Memenuhi Syarat (TMS) yaitu dukungan ganda, TNI POLRI, dan PNS.

Laporan : San
Editor : Abiyasa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here