PGRI Minta Guru dan Siswa di Bina Pendidikan Hukum, Polres Gayo: Hindari Pemberian Sanksi Fisik  

16
PGRI Minta Guru dan Siswa di Bina Pendidikan Hukum, Polres Gayo: Hindari Pemberian Sanksi Fisik  

GAYO LUES Ketua PGRI Kabupaten Gayo Lues Muhammad Yusuf SPd, bersama beberapa pengurus lainnya, berkunjung ke Polres Gayo Lues serta meminta dukungan dan kerjasama dalam menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi di satuan pendidikan yang melibatkan guru.

PGRI meminta pihak Kepolisian agar dapat membantu satuan pendidikan dalam memberikan pembinaan kepada guru dan siswa dengan mengunjungi serta memberikan arahan atau sosialisasi tentang hukum dan pelanggaran hukum.

Menurut Kapolres Gayo Lues AKBP Carlie Syahputra Bustamam SIK MH, apabila ada laporan mengenai permasalahan di satuan pendidikan pihak Polres akan mengupayakan memediasi atau mengarahkan penyelesaian di satuan pendidikan atau di desa secara adat.

Polres akan meningkatkan kerjasama dengan melaksanakan program-program terkait fungsi dan tugas Kepolisian yang berhubungan dengan pendidikan.

Kapolres mengingatkan dan menyarankan kepada guru dalam menghadapi siswa bermasalah agar ke dapatnya menghindari memberikan sanksi berupa kekerasan fisik dan lebih mengedepankan pemberian sanksi administrasi seperti memberikan SP (Surat Peringatan) mungkin sampai pada pemberhentian siswa tersebut dari satuan pendidikan.

Kalaupun terjadi, sanksi fisik tidak terhindarkan maka sebaiknya penyelesaian dengan melakukan mediasi di satuan pendidikan secara kekeluargaan dan atau secara adat dengan melibatkan pihak-pihak terkait.

Untuk hal ini antara PGRI dan Polri akan penandatangan MoU yang dapat dilakukan setelah di pelajari terlebih nantinya.

Laporan : Ardiyanto III Editor : Syarif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here