Peternak Puyuh Siosar Dibekali Ilmu Berdagang Hasil Puyuh

0
133

Sumateranews.co.id, SUMATERA UTARA-Pengungsi korban bencana sinabung dari Desa Suka Meriah yang direlokasi ke Siosar menerima pelatihan pengolahan produk makanan turunan dari telur dan daging puyuh (Leto).

Ismail Marzuki perwakilan dari PKPA (Pusat Kajian Perlindungan Anak) mengatakan bahwa PKPA bekerja sama dengan Dompet Duafa melakukan pelatihan produk makanan dari telur dan daging puyuh kepada kelompok perempuan Siosar (Kelompok Meriah Ukur), Selasa (7/2) di Balai Desa Suka Meriah Siosar Kabupaten Karo.

“Pelatihan ini kami fokuskan kepada 25 KK penerima mamfaat walaupun sebenarnya kita terbuka kepada masyarakat yang ingin belajar. Jadi dari budidaya yang telah mereka lakukan dan sudah menghasilkan telur puyuh kami berharap mereka bisa menambah nilai, baik secara kemasan dan pengolahan dari telur dan daging puyuh,” jelasnya.

Di waktu yang sama Divisi ekonomi Dompet Duafa Dimas ingin agar masyarakat penerima bantuan beternak puyuh, agar kedepannya bisa kembali membantu masyarakat lainnya.

“Program ini sudah berjalan selama 6 bulan, dan kami dari Dompet Duafa saat ini terjun ke sini untuk memonitoring dan memastikan supaya jika ada permasalah-permasalahan masyarakat akan sampai di kita dan segera kami diskusikan bersama untuk solusinya,” kata Dimas.

Dimas berharap agar bantuan-bantuan yang sudah diterima selama ini dapat dipergunakan secara maksimal. “Karena sebenarnya bantuan ini kami maksudkan supaya penerima mamfaat ini bisa menaikkan derajatnya. Mulai dari mengubah dirinya sendiri dari yang saat ini menerima bantuan, ke depannya dapat memberikan bantuan,” tutupnya.

Pelatih pengolah panganan tersebut Fauziah mempraktekkan langsung pengolahan telur puyuh menjadi Tahu kukus isi telur puyuh. Kentang telur puyuh dan sate telur puyuh dan teori pengolahan daging puyuh.

“Pelatihan ini pertama kalinya dilakukan di Siosar, kedepannya saya berharap besar ibu-ibu di sini dapat memajukan masakannya lebih dari yang saya ajarkan,” imbuhnya.

Warga penerima manfaat warga Desa Suka Meriah Nirwana Br Sitepu berharap agar kegiatan-kegiatan seperti itu sering dilakukan agar pengetahuan warga semakin bertambah.

Laporan : Sofya
Editor/Posting : Imam Ghazali