PETANI SEMAKIN PINTAR DENGAN ADANYA TMMD KE 101 YANG DIGELAR  KODIM 0414/BELITUNG

71

Sumateranews.co.id, BELITUNG – Para petani dari Desa Batu Penyu, Limbungan dan Desa Jangkar sekarang sudah semakin pintar dalam ilmu pertanian berkat program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke 101 tahun 2018 yang di gelar Kodim 0414/Belitung, Sabtu (07/04/2018) malam.

Salah satu program dari TMMD ke 101 kali ini adalah penyuluhan pertanian yang merupakan sasaran non fisik dengan harapan masyarakat yang mata pencahariannya petani setelah adanya TMMD Ini semakin pandai dan pintar dalam bercocok tanam.

Sebelum diberikan penyuluhan dari Dinas Pertanian Kabupaten Beltim, Dandim 0414/Belitung, Letkol Kav Eko Saptono K melalui Kasdim 0414 Belitung, Mayor Inf Ruhin SAg menyampaikan, kegiatan penyuluhan pada malam hari sangat besar manfaatnya bagi petani Desa Batu Penyu.

“Saya harapkan simak satu persatu kesempatan yang baik malam hari ini yang akan disampaikan oleh Tim Penyuluh dan tanyakan hal -hal yang kurang difahami oleh Bapak Ibu sekalian,” papar Kasdim.

Sementara tim penyuluh dari Distan Kabupaten Beltim, Juri beserta 2 orang tim penyuluh Desa Baru Penyu menyampaikan berbagai materi mulai dari kesiapan tanah, pembibitan, pemeliharaan, panen dan pasca panen dijelaskan secara rinci sehingga bermanfaat bagi para petani.

“Kita selaku petani supaya membentuk kelompok tani (Poktan) supaya terkoordinir dengan baik apabila ada bantuan dari pemerintah gampang menyalurkan bantuannya tersebut,” sebut Juri.

Menurut Juri, materi tentang pengelolaan lahan sawah yang berpasir itu memang harus ada rekayasa tanah sehingga nilai kesuburan tanah tetap terjaga, lahan sawah di jawa dengan di Belitung sangatlah berbeda disini ada perlakuan khusus.

Selain itu juga disampaikan tentang ilmu penggunaan pupuk organik maupun pupuk non organic. “Pupuk itu tidak harus beli mahal mahal ada bahan pupuk yang ada di sekitar lingkungan rumah kita ini,” ungkapnya.

“Ayo kita sukseskan Program S3 dari Distan Prov Kep Babel tentang Sawah. Sahang dan Sapi sehingga kedepan Provinsi kep Babel ini khususnya di Kab Belitung ini dapat mewujudkan swasembada pangan,” tambah dia.

Turut hadir dalam acara penyuluhan itu, yakni Kasdim Mayor Inf Ruhin S.Ag, Tim Penyuluh dari Distan, Juri beserta tim penyuluh Desa Baru Penyu, Pasi Ter Kapten Inf R Triyuwono beserta Danramil, Kapten Czi A Tabrani selaku Komandan SSK TMMD ke 101, Kades Batu Penyu, Kadus Sumping, Kadus Kundor, Kadus Lidun, dan anggota Satgas TMMD ke 101 tahun 2018 serta masyarakat dari Desa Batu Penyu dan Limbungan.

Sumber : Kapendam Sriwijaya/Rh

Editor    : Donny

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here