PETANI LAHAT TERUS GALAKKAN TANAM JAGUNG

0
203

 

Sumateranews.co.id, LAHAT- Para petani di Lahat saat ini terus menggalakkan penanaman jagung selain tanaman lainnya di lahan-lahan mereka.

Mulanya, tanaman jagung belum ditoleh oleh para petani. Namun sejak adanya program Pusat yang melakukan penanaman jagung 5.000 hektare, maka kini para petani pun meliriknya.

Motivasi para petani jagung di Lahat tak lepas dari bimbingan dan prakarsa Dinas Pertanian setempat yang secara sabar dan kontinyu melakukan berbagai manuver guna memberikan semangat kepada para petani untuk menanam jagung di lahan mereka.

‘’Alhasil, berkat sosialisasi selama ini, maka respon petani untuk menanam jagung mulai terlihat. Apalagi setelah mereka melakukan panen pertama yang mencapai 9—13 ton/hektare. Maka, semangat petani untuk menanam jagung kian terlihat,’’ ujar H. Mujjahidin SIP selaku Kabid Bidang Tanaman Pangan Lahat, Kamis (13/7).

Saat ini harga jagung di Lahat Rp 3.400/kg. Untuk menjual seharga itu, para petani tidak susah, sebab para agen dan tengkulak yang mendatangi mereka di lokasi.

Melihat prospek yang begitu menjanjikan, maka para petani di  daerah Kikim dan Jarai Area pun kini tengah menggalakkan tanaman jagung. Sedangkan untuk petani di kawasan Merapi Barat, Merapi Timur, dan Mulak Ulu sudah merasakan manfaatnya akan tanaman jagung tersebut.

Laporan   : Novita/Idham

Editor       : Imam Ghazali

Posting     : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article