Pesawat Tabrak Pohon, 1 Anak Selamat, Pilot dan Penumpang Meninggal

0
2062

Sumateranews.co.id, PAPUA- Minggu tanggal 12 Agustus 2018 pukul 06.00 WIT bertempat di halaman Polres Kab. Pegunungan Bintang Papua telah dilaksanakan apel pengecekan kesiapan dan perlengkapan personel dari gabungan TNI, Polri, BPBD, Tim Dinas Kesehatan, SAR serta Sukarelawan dari Masyarakat terkait akan dilaksanakannya pencarian lokasi keberadaan Pesawat PK-HVQ Type Pilatus PC-6 Porter beserta Korban yang dipimpin oleh Kompol Tofan Irdiyanto S.Sos (Wakapolres Kab. Pegunungan Bintang) yang dihadiri sekitar 50 orang.

Turut hadir di antaranya :
a. AKP Titir Loloby (Kabag Ops Polres Kab. Pegunungan Bintang)
b. Kapten Inf Aprin Paimbon (Danramil 1702-01/Oksibil)
c. Kapten Inf Udan Spd (Danki RK 644/WS)
d. AKP Surono (Kasat Binmas Polres Kab. Pegunungan Bintang)
e. Iptu Berti Kendek SH (Kasat Intelkam Polres Kab. Pegunungan Bintang)
f. Iptu Frengky Rumbiyak (Danki Brimob Polda Papua)
g. Ibu Nancy Hersulessy (Sekretaris BPBD)

Mulai pukul 06.40 WIT tim tiba di Kp. Okatem dilanjutkan bersama-sama dengan masyarakat setempat menuju ke Gunung Menuk dengan berjalan kaki. Lalu sekitar pukul 09.00 WIT Tim beserta masyarakat tiba di lokasi jatuhnya PK-HVQ Type Pilatus PC-6 Porter (Co. 6027 6104/Ketinggian 1978 m) dengan kondisi pesawat bagian rusak berat dan sayap bagian kiri patah diduga karena menabrak pohon.

Para korban yang ditemukan meninggal sebagai berikut :
1. Kapten Leslie Sevuve (Pilot)
2. Wayan Sugiarta (CO Pilot)
3. Sudir Zakana (Penumpang)
4. Martina Uropmabin (Penumpang)
5. Hendrikus (Penumpang)
6. Lidia (Penumpang)
7. Jumaludin (Penumpang)
8. Naimus (Penumpang)

Sedangkan korban Jumaidi (CHL/anak-anak), ditemukan masih hidup dengan kondisi mengalami cidera pada bagian bahu kiri, tangan kanan, paha kiri dan kanan serta tulang belakang.

Lalu pukul 09.05 WIT Tim segera melaksanakan proses persiapan evakuasi terhadap korban yang selamat dan meninggal dunia serta mengamankan Kotak Hitam dan GPS pesawat. Selanjutnya Kotak Hitam dan GPS dibawa anggota Polres Oksibil dari Lokasi ke Jalan Kp. Okatem serta langsung di serah terimakan kepada Iptu Gondam Pringgodani (Kasatreskrim Polres Kab. Pegunungan Bintang Provinsi Papua).

Pukul 09.10 WIT, Tim dibantu masyarakat segera melakukan evakuasi korban Jumaidi melalui jalan darat menuju RS. Oksibil untuk mendapatkan penanganan medis diikuti 8 jenazah dikawal gabungan TNI, Polri beserta masyarakat Kab. Pegunungan Bintang Papua.
Pukul 12.45 WIT 8 korban yang meninggal dunia tiba di RSUD. Oksibil dan langsung dibawa ke ruang IGD untuk dilaksanakan identifikasi.

Pukul 13.20 WIT, korban selamat an. Jumaidi dievakuasi menuju Sentani tujuan RS Bhayangkara Jayapura menggunakan pesawat Dimonim.

Sumber          : Rel
Editor/Posting : Imam Ghazali