Pertamina EP Lirik Field Sigap Padamkan Karhutla di Desa Pasir Ringgit

30
Tim HSSE Pertamina EP Lirik Field dibantu anggota Koramil Pasir Penyu dan warga sekitar, dengan sigap memadamkan kebakaran lahan semak belukar yang terjadi di Desa Pasir Ringgit, Kecamatan Lirik, pada Jum'at (3/7/2020) kemarin.

Sumateranews.co.id, RIAU – Kejadian karhutla hampir menjadi bencana tahunan yang mengancam di wilayah Kecamatan Lirik terlebih saat memasuki musim kemarau. Untuk itu, Pertamina EP Lirik Field menyikapinya dengan serius. Seperti yang dilakukan tim HSSE Pertamina EP Lirik Field baru-baru ini, dengan sigap memadamkan kebakaran lahan semak belukar yang ada di Desa Pasir Ringgit, Kecamatan Lirik, pada Jum’at (3/7/2020) kemarin.

Berdasarkan informasi dari Andi, warga Desa Pasir Ringgit, yang disampaikan melalui handphone seluler kepada Fungsi Legal & Relation Pertamina EP Lirik Field, bahwa telah terjadi kebakaran lahan belukar tanpa diketahui penyebabnya. Dengan sigap informasi tersebut segera direspon oleh tim HSSE untuk melakukan tindakan pemadaman dengan membawa satu unit mobil pemadam kebakaran.

Tiba di lokasi kejadian tim langsung melakukan pemadaman dibantu oleh koramil Pasir Penyu dan warga sekitar. Selang satu jam kemudian api berhasil dipadamkan dan tidak ada korban jiwa. Pun demikian, walau api sudah berhasil dipadamkan tetapi asap masih mengepul di lokasi, sehingga tim tetap waspada dan berjaga-jaga jika api kembali berkobar.

“Kami ucapkan terimakasih atas bantuan dari Pertamina Lirik dan para pihak yang telah membantu pemadaman di Pasir Ringgit.” ucap Andi.

Menanggapi kejadian tersebut Kurniawan Triyo selaku Lirik Field Manager menjelaskan bahwa Pertamina EP Lirik Field akan selalu siap siaga dalam menghadapi bencana terlebih di musim kemarau yang mulai datang.

“Kami upayakan yang terbaik dalam menanggulangi potensi bahaya yang mungkin terjadi, terlebih menjelang musim kemarau seperti ini.” ucap Kurniawan Triyo.

“Dalam waktu dekat juga kami agendakan untuk kegiatan fire drill dan koordinasi dengan aparat  instansi-instansi terkait seperti Pemda, TNI-Polri, BNPB dan unsur-unsur lainnya guna meningkatkan kewaspadaan serta kesiapan tim kami.” tandasnya.

Kurniawan juga mengimbau penduduk sekitar agar meningkatkan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya karhutla, dan meminta tidak membakar saat akan membuka lahan perkebunan baru.

Seperti diketahui, Pertamina EP Lirik Field adalah lapangan penghasil minyak dan gas (migas) yang beroperasi di bawah pengawasan Pertamina EP Asset 1 dengan wilayah kerja Lirik Field meliputi Kabupaten Indra Giri Hulu, Kabupaten Siak, dan Kabupaten Pelalawan.

Sebelumnya pada kondisi musim kemarau yang berkepanjangan tahun 2019 banyak titik karhutla yang terjadi di beberapa provinsi di Indonesia. Kondisi ini membuat Pertamina EP – SKK Migas tergerak untuk membantu Pemerintah daerah dalam menanggulangi kebakaran hutan yang terjadi di beberapa wilayah, antara lain di Provinsi Riau, Sumatera Selatan, dan Kalimantan Utara.

Di Provinsi Riau, melalui PEP Asset 1 Lirik Field, telah dilaksanakan pemasangan jembatan sementara sebagai akses jalur pemadam kebakaran di Desa Seko Lubuk Tigo, Bantuan konsumsi untuk tim pemadam kebakaran selama 8 hari. Bantuan alat berat untuk pembuatan 10 titik embung sumber air dengan luasan 2,5 meter pada sekitar area kebakaran di Desa Seluti, Bantuan pemadaman di Desa Seko Lubuk Tigo, Lirik.

Selain itu juga telah dibantu pemasangan rambu-rambu pencegahan pembakaran lahan di Kelurahan Ukui dan Desa Ukui 2, Kecamatan Koto Gasib dan Kabupaten Siak guna penanganan kebakaran di areal luar kawasan hutan, serta pembagian masker di Kabupaten Pelalawan bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Pelalawan serta Pembuatan posko kesehatan di Kecamatan Koto Gasib, Siak kerjasama dengan Puskesmas Koto Gasib.

Laporan : Rilis/Red III Editor : Donni

New Subject

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here