HeadlineNusantaraPalembangSumsel

Persiapan SKD CAT Catar Poltekip dan Poltekim 2020, Kanwil Kemenkumham Sumsel Kunjungi Kanreg VII BKN Palembang

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Kepala Divisi Administrasi Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Selatan, Rifqi Adrian Kriswanto didampingi Kepala Subbagian Kepegawaian, Tata Usaha dan Rumah Tangga, Dedy Zulian melakukan kunjungan ke Kantor Regional VII BKN Palembang yang berlokasi di  Jl. Gub. H. A. Bastari Seberang Ulu I – Jakabaring, Rabu (15/7).

Kunjungan ini merupakan bentuk koordinasi perihal persiapan tes penerimaan Calon Taruna (Catar) Sekolah Kedinasan Politeknik Ilmu Pemasyarakatan (Poltekip) dan Politeknik Imigrasi (Poltekim) Tahun 2020. Poltekip dan Poltekim merupakan pendidikan sekolah kedinasan Diploma IV di bidang teknis Pemasyarakatan dan Keimigrasian dengan program kuliah selama 4 tahun (setara S1).

Kadivmin menjelaskan bahwa seleksi Catar tahun ini cukup berbeda seperti tahun-tahun sebelumnya.

Biasanya seluruh tahapan tes akan dipusatkan di Jakarta, tetapi karena terkendala pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan peserta untuk bepergian jauh maka pelaksanaan tes khususnya tahap Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) melalui Computer Assisted Test (CAT) disebar ke beberapa titik Kantor Regional BKN di tiap provinsi.

Sebelumnya melalui Surat Pengumuman Nomor SEK.2.KP.02.04-23 telah diumumkan daftar nama peserta yang lulus seleksi administrasi (verifikasi dokumen unggah).

Hal ini menyusul pengumuman Sekretaris Jenderal c.q. Kepala Biro Kepegawaian Nomor SEK.2.KP.02.01-22 yang telah menyebutkan bahwa tahapan verifikasi dokumen asli ditiadakan, sementara pengukuran tinggi badan akan dilaksanakan pada tahapan tes kesehatan.

Dalam koordinasi yang dilakukan di Kanreg VII BKN Palembang, Kepala Bidang Informasi Kepegawaian, Joko Warsito menjelaskan bahwa tahapan SKD CAT bagi peserta seleksi Catar Poltekip/Poltekim yang memilih lokasi tes di Sumatera Selatan direncanakan pelaksanaannya pada minggu keempat bulan Juli.

“Tentunya dalam pelaksanaan tes ini, kami pastikan akan tetap menerapkan protokol kesehatan sesuai Surat Edaran Kepala BKN Nomor 17/SE/VII/2020 Tanggal 2 Juli Tahun 2020 tentang Prosedur Penyelenggaraan Seleksi dengan Metode Computer Assisted Test Badan Kepegawaian Negara (CAT BKN) dengan Protokol Kesehatan Pencegahan dan Pengendalian Corona Virus Disease 2019 (COVID-19),” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Kadivmin beserta rombongan juga telah meninjau langsung ruangan tes yang akan digunakan.

Ia juga memastikan bagaimana teknis pelaksanaan, kelengkapan sarana, hingga menyusun struktur kepanitian guna memastikan tahapan tes berjalan lancar.

“Peserta seleksi Catar Poltekip dan Poltekim yang memilih lokasi tes di Sumsel berjumlah hampir seribu orang. Oleh karena itu jadwal tes akan dilaksanakan dalam beberapa hari.

Sementara per harinya hanya akan dilbagi dalam 3 sesi, mengingat kita harus menerapkan social distancing di tengah pandemi Covid-19.

Mudah-mudahan dapat berjalan lancar sesuai rencana,” tutup Rifqi.

Laporan : Are III Editor : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button