Persiapan OS2N, Siswa Belajar Berenang di Sungai Malus Berarus Deras

0
950

Sumateranews.co.id, LUBUKLINGGAU- Derasnya aliran air Sungai Malus di Kelurahan Petangang Ulu Kecamatan Lubuklinggau Utara I tak membuat siswa dan siswi SD Negeri 77 Kota Lubuklinggau takut untuk mandi dan belajar berenang. Walaupun banyak bebatuan, derasnya arus, namun kejernihan air ditambah panorama alam yang masih asli dihiasi pepohanan hutan yang masih alami menjadikan para siswa nyaris saban hari mandi dan berenang.
Sungai Malus yang jernih dan elok tersebut juga menjadi tempat warga setempat untuk mandi, mencuci serta mencari ikan. Bahkan kini Sungai Malus dijadikan atau dimanfaatkan siswa dan siswi SD N 77 Linggau untuk belajar berenang.

Apalagi, untuk mengikuti OS2N, siswa dan siswi tersebut harus belajar berenang di Sungai Malus, karena tidak terjangkau kolam renang yang berada di tengah kota. Juga akibat kurangnya fasilitas dan infrastruktur, keterbatasan dana serta jauh dari tempat warga tinggal.

Almeta siswa Kelas 4 SD 77 mengatakan, mereka berenang untuk mengikuti lomba renang di Kota Lubuklinggau yaitu OS2N.
“Jadi kami berenang di Sungai Malus, latihan untuk lomba di Kota Lubuklinggau,’’ tegasnya Sabtu (24/2).

Senada juga dengan Tesa Kelas 5 SD Negeri 77. ‘’Saat ini kami hanya latihan dan tahap seleksi untuk mengikuti OS2N tersebut,’’ cetusnya.
Salah satu Guru Olahraga SD Negeri 77 Kota Lubukinggau Irwansah mengatakan dalam OS2N nanti mereka hanya mengikuti dua tangkai lomba dari 6 cabang yang diperlombakan yakni atletik dan renang. ‘’Anak-anak latihan di Sungai Malus dalam rangka persiapan lomba tersebut. Jadi fasilitas yang ada hanya kami dapatkan di Sungai Malus ini,” ujarnya seraya berharap kiranya Pemkab Linggau peduli akan pembangunan di Ulu Sungai Malus.

Irwansah juga melakukan pengawasan terhadap anak-anak tersebut. ‘’Saya sendiri yang melakukan pengawasan terhadap anak-anak berenang tersebut, walaupun arusnya deras. Kami juga akan mengawasi bagi anak-anak yang tidak bisa berenang. Alhamdulilah anak-anak yang berada di SD Negeri Ulu Malus ini rata-rata bisa berenang semua, mereka bisa berjaga sendiri, tapi kami juga terus mengawas,’’ tandasnya.

Harapan ke depan, untuk fasilitas kegiatan olahraga harus didukung. Sedangkan untuk kegiatan olahraga renang, seharusnya Pemerintah Kota Lubuklinggau harus mensuport, jangan setelah menang tidak ada reward baik dari sekolah maupun pemkab.

Laporan : Donna April
Editor/Posting : Imam Ghazali