Perkuat Pengawasan, Inspektorat Kabupaten Muara Enim Maksimalkan Fungsi EWS

0
166

MUARA ENIM – Guna memperkuat fungsi pengawasan sebagai APIP (Aparat Pengawas Intern Pemerintah) di lingkup Pemerintahan kabupaten Muara Enim, pihak Inspektorat terus berupaya maksimal dalam upaya memperkuat sistem pengawasan internal kabupaten Muara Enim, Sumatera Selatan.

Demikian diungkapkan oleh Kepala Kantor Inspektorat kabupaten Muara Enim, Ir Suhermansyah MT M.Eng, ketika dibincangi awak media, di ruang kerjanya, Kamis, 22 September 2022.

Menurut Suhermansyah, pentingnya pengawasan dilakukan guna terciptanya tata kelola pemerintahan yang accountable, profesional, bersih dan bebas korupsi yang harus terwujud di pemerintahan daerah.

“Program program pencegahan melalui perbaikan tata kelola, review, monitoring dan evaluasi, maupun audit dilakukan sebagai bentuk penjaminan kualitas bahwa pemerintahan daerah, pemerintahan desa sudah dilaksanakan secara transparan dan akuntabel,” jelas Suhermansyah.

Dia lanjutkan, sebagai APIP, Inspektorat kabupaten Muara Enim tentunya akan berupaya maksimal dalam sistem pengawasan dari sejak dini, pemberian peringatan dini atau yang lebih dikenal dengan Early Warning System (EWS).

“Early warning system sebagai upaya dini, pencegahan apabila ditemukan kekeliruan, untuk dapat diperbaiki, dan disesuaikan dengan peraturan yang berlaku (on the track), dengan tidak mengenyampingkan penerapan sanksi apabila ditemukan kelalaian oleh penyelenggara pemerintahan,” tandasnya.

Di akhir penyampaiannya, selaku Kepala Kantor Inspektorat kabupaten Muara Enim, Suhermansyah berharap EWS bisa memonitoring bila terjadi kemungkinan penyalahgunaan wewenang baik disengaja maupun tidak disengaja yang diduga dilakukan oleh para aparatur birokrasi pemerintahan, mulai dari sistem perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, dan Anev agar berjalan sesuai dan benar (On The Track). (Mar)

Editor: Donni