HeadlineHiburanLubuklinggauSecond Headline

Perkobakin Kontes Batu Akik Seharga Satu Motor

Sumateranews.co.id, LUBUKLINGGAU- Ketua Korwil Persatuan Kolektor Batu Akik Nusantara (Perkobakin) Lubuklinggau, Musirawas, dan Muratara Provinsi Sumsel Iswan Setia Budi melaksanakan kontes batu akik di Kota Lubuklinggau di Jalan Lapter Kelurahan Air Kuti Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

Dilakukannya kontes ini untuk menghidupkan kembali batu akik yang saat ini mulai redup. Mengingat pada waktu lagi jayanya batu akik, dapat mendongkrak perekonomian masyarakat.  Yang dilombakan dua kelas lokal batu akik yakni cempaka dan anggur klasik.

“Untuk penilaian terhadap batu akik itu, mulai dari pewarnaan terhadap batu akik, kejernihan, klaster, bentuk asahan dan keserasian dengan ringnya,” kata Iswan Setia Budi (ISB), Jumat, 18/1/2019.

Selain dilakukanya kontes batu akik seperti ini, ada juga yang dijual. Batu akik yang dikonteskan ini, merupakan batu akik lokal yang sebagian besar bahan berasal dari Kabupaten Muratara dan untuk kualitasnya tidak jauh berbeda dengan batu akik dari wilayah lain.

Sedangkan, untuk harga batu akik itu bisa seharga dengan satu motor biyson dan ada juga harga terendah, tergantung kualitas batu akiknya.

Dilakukannya gelaran kontes batu akik tersebut bertujuan untuk menggugah pemerintah dan masyarakat yang masih peduli terhadap batu akik.

“Batu akik ini juga sangat peduli dengan masyarakat. Seperti lagi boomingnya batu akik kemarin dapat mendongkrak perekonomian masyarakat, menurunkan tingkat inflasi dan kriminalitas,” ujarnya.

Hal seperti itu tidak bisa dipungkiri, terutama di wilayah Lubuklinggau, Musirawas, dan Muratara. Pihaknya juga mengharapkan kepada pemerintah agar melirik batu akik dan jangan sampai menutup mata. Sebab di waktu krisis moneter, masyarakat juga terbantu dengan batu akik.

“Batu akik tidak hanya menjadi batu cincin. Batu akik bisa juga dibuat alternatif lain yang bisa di ukir atau dibuat berbentuk keris dan piala,” pungkasnya.

Laporan          : Shandy

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button