NasionalPendidikanSecond Headline

Perkenalkan Keanekaragaman Budaya Pada Siswa Sejak Dini di Hari Imlek

Sumateranews.co.id, JAKARTA ─ Siswa-siswi Saraswati Learning Center (SLC ) merayakan Imlek dengan mengunjungi sekolah lain yang mayoritas siswanya merayakan Imlek. Setelah kembali ke sekolah, para guru membimbing siswa membuat prakarya yang berhubungan dengan tema Imlek, setelah selesai prakarya yang dibuat oleh siswa dibawa pulang dan diperlihatkan ke Orang tua.

“Membuat prakarya untuk melatih kreatifitas anak-anak dan menunjukkan pada masyarakat bahwa anak-anak yang berkebutuhan khusus mampu berkarya seperti anak-anak normal jika dididik dan dimotivasi. Mengajak siswa merayakan imlek bersama untuk mengajarkan keanekararagaman budaya dan agama yang ada di Indonesia,” papar Mercilina Sen Wakil Kepala Sekolah SLC, ketika ditemui reporter di SLC Cempaka putih Jakarta, Rabu (06/02/19).

Ketika berbincang ke pengajar, Upi Anggreni salah satu guru di SLC juga mengungkapkan kendala dalam mengajar siswa yang berkebutuhan khusus yaitu perlu kesabaran ekstra karena berbeda dengan mengajar pada anak normal. Mereka sangat sulit konsentrasi, tidak bisa fokus dalam menerima pelajaran akademik beberapa diantaranya sangat hiperaktif kadang memukul diri sendiri atau mengganggu teman.  Sehari – hari setiba di sekolah sebelum pelajaran di mulai para siswa diputarkan musik untuk membuat rileks dan tenang, setelah mereka merasa nyaman baru diberi pelajaran.  Biasanya dibutuhkan waktu sebulan untuk bisa beradaptasi dengan lingkungan sekolah termasuk menggambar dan mewarnai. Berkat kesabaran dan ketelatenan para siswa bisa seperti anak-anak normal lainnya.

“Kami berharap Para siswa di SLC bisa hidup mandiri, dan bisa diterima di masyarakat,” ujar Upi Anggreni.

 

Laporan : fri

Editor    : Syarif

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button