PolriPrabumulih

Peringati Hari Kesaktian Pancasila, Kapolres Prabumulih Ajak Jajarannya Maknai Perjuangan dan Jasa Pahlawan Revolusi

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Peringatan Upacara Hari Kesaktian Pancasila juga digelar Polres Prabumulih, Senin (01/10/2018) pagi. Bertindak sebagai Inspektur upacara yakni, Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SIK MH, dan diikuti oleh seluruh Pejabat Utama dan anggota Polres Prabumulih, Polsek serta ASN Polres Prabumulih.

Dalam pidatonya, Kapolres Prabumulih menyampaikan bahwa upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila adalah untuk menghargai jasa Pahlawan Revolusi yang gugur pada peristiwa pemberontakan G30S/PKI.

“Peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap tanggal 1 Oktober ini, hendaknya kita jadikan sebagai bahan renungan dalam memaknai nilai- nilai perjuangan dan kesaktian Pancasila itu sendiri dalam mempertahankan kedaulatan NKRI,” kata Kapolres, di Halaman Utama Polres Prabumulih.

Menurut AKBP Tito Travolta, psca Proklamasi Kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) pada tanggal 17 Agustus 1945, terjadi insiden pemberontakkan yang dinamakan Gerakan 30 September (G30S) Partai Komunis Indonesia (PKI).

“Percobaan kudeta pada 30 September tahun 1965 digambarkan pemerintah sebagai usaha PKI untuk mengubah unsur Pancasila menjadi ideologi komunis. Pertarungan ideologi Pancasila dengan komunisme menyebabkan peristiwa tragedi berdarah yang berujung pembantaian para jendral oleh Oknum Pemberontak Anti – Pancasila,” sebut Tito.

Gejolak yang timbul akibat G30S akhirnya berhasil diredam oleh otoritas militer Indonesia. Dan Pancasila terbukti berhasil menumpas PKI di Tanah air Indonesia. Sejak Itulah ditetapkan 30 September sebagai Hari Gerakan pemberontakan G30S PKI dan tanggal 1 Oktober ditetapkan sebagai Hari Kesaktian Pancasila.

Pantauan dilapangan tampak seluruh peserta upacara beridiri tegak mengikuti rangkaian upacara yang diawali dengan pembacaan teks Pancasila oleh Inspektur Upacara AKBP Tito Hutauruk SIK MH, Teks UUD 1945 oleh Iptu Yayat Sudrajat, dan ikrar kesetiaaan terhadap Pancasila yang dibacakan Ipda Wanianto, SH.

Laporan/Sumber: AD/Humas Polres Prabumulih

Editor/Posting    : Donny

 

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button