Uncategorized

PERINGATI HARI JADI, PERSIT KARTIKA PD II/SWJ GELAR DONOR DARAH

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke-72, organisasi yang diisi oleh para istri-istri Prajurit TNI AD yang bertugas di wilayah Kodam II/Swj, Sumsel yaitu Persit Kartika Candra Kirana (KCK) Pengurus Daerah (PD) II/Sriwijaya bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Palembang, menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial Donor Darah, Rabu (7/3/2018) bertempat di Aula Markas Kesehatan Kodam II/Swj yang berada kawasan Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang.

Selain ibu-ibu Dharma Pertiwi dan Persit, kegiatan donor darah ini diikuti juga oleh prajurit  TNI AD, AL, AU, dan PNS TNI di wilayah Kodam II/Swj serta Kepolisian jajaran Polda Sumsel. Tampak, Pangdam II/Swj Mayjen TNI Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos, dan beberapa Pejabat Kodam II/Swj juga turut mendonorkan darahnya.

Pada kesempatan tersebut, Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos., menyambut baik kegiatan donor darah dan menyampaikan ucapan terima kasih yang tulus, kepada para pendonor darah yang dengan penuh ketulusan dan keikhlasan menyumbangkan darahnya.

“Sebagai prajurit atau keluarga besar Kodam II/Swj kita harus dapat memberikan manfaat kepada lingkungan kita”, kata Pangdam. “Saya merasa bangga kepada keluarga besar Kodam II/Swj yang telah melakukan kegiatan kemanusiaan dengan tanpa pamrih serta dilandasi oleh keinginan untuk membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua Persit KCK PD II/Swj, Ny. Annies Putranto, mengatakan, kegiatan Bakti Sosial Donor Darah ini merupakan wujud kepedulian para istri prajurit dan salah satu upaya untuk membantu masyarakat akan kebutuhan darah serta membantu menambah persediaan darah di PMI yang sewaktu-waktu diperlukan.

Dikatakan juga, bahwa pemenuhan kebutuhan darah merupakan hal yang sangat vital bagi kelangsungan hidup manusia, baik yang bersifat mendadak maupun secara rutin. “Untuk memenuhi kebutuhan itu, sangatlah diperlukan bantuan darah dari kita semua yang sedang dalam keadaan sehat. Dengan menyumbangkan darah berarti kita telah menyelamatkan nyawa orang lain yang membutuhkannya,” ungkapnya.

Selain donor darah, Persit KCK PD II/Swj juga melaksanakan berbagai bentuk Bakti Sosial di  seluruh  jajaran  Kodam  II/Swj seperti, Pengobatan Gratis, Pemberian Santunan dan kegiatan sosial lainnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilaksanakan anjang sana ke Rumkit AK. Gani sekaligus penyerahan bingkisan kepada para pasien oleh Pangdam II/Swj Mayjen TNI AM. Putranto, S. Sos., dan Ketua Persit KCK PD II/Swj Ny. Annies Putranto beserta para pengurus Persit KCK PD II/Swj dan beberapa pejabat jajaran Kodam II/Swj.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Kasdam II/Swj Brigjen TNI Marga Taufiq, S.H, M.H., Irdam II/Swj Kolonel Czi Redo Hernawan, Perwira LO AL dan LO AU, para Pejabat Kodam II/Swj, para Dan/Ka Balakdam II/Swj, Ibu-ibu Pia Adhya Garini dan Jalasenastri, para pengurus beserta anggota Persit KCK Daerah II/Sriwijaya, serta prajurit dan ASN Kodam II/Swj wilayah Garnizun Palembang.

Untuk diketahui, Bakti Sosial Donor Darah dalam rangka HUT ke-72 Persit KCK Tahun 2018 ini juga dilaksanakan secara serentak di 5 Provinsi yang diselenggarakan seluruh Korem jajaran Kodam II/Swj. Tercatat untuk personel yang mendonorkan darah dari Satuan Kodam II/Swj yang berada di wilayah Garnizun Palembang termasuk Lanal, Lanud, Polda Sumsel, FKPPI dan masyarakat, total keseluruhan berjumlah 1.260 orang.

Untuk wilayah Korem 041/Gamas, Provinsi Bengkulu jumlah peserta pendonor 1.153 orang, Korem 042/ Gapu, Provinsi Jambi berjumlah 510 orang, Korem 043/Gatam, Provinsi Lampung berjumlah 1.234 orang, Korem 044/Gapo berjumlah 727 orang, sedangkan untuk Korem 045/Gaya, Bangka Belitung (Babel) jumlah peserta pendonor sebanyak 656 orang. Dengan demikian secara keseluruhan, rekapitulasi peserta Donor Darah dalam rangka HUT Ke-72 Persit KCK tahun. 2018 di wilayah Kodam II/Swj berjumlah 5.540 orang.

Sumber             : Pendam II

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button