Peringati Hari Gizi Ke 58, Dinkes Lahat Akan Gelar Seminar Kesehatan

0
61

Sumateranews.co.id, LAHAT- Dalam rangka memperingati Hari Gizi ke-58 yang jatuh pada setiap tanggal 25 Januari, maka Dinas Kesehatan akan menggelar Seminar Kesehatan.
Kadinkes Lahat Dr. H. Rashidi Amri MT MKM melalui Kasi Kesga dan Gizi Agustia Ningsih SKM MM di ruang kerjanya, Rabu (24/1) mengatakan bahwa pelaksanaan seminar akan dilaksanakan bersama Persagi (Persatuan Ahli Gizi) Lahat. ‘’Seminar bidang kesehatan tersebut tentang Tata Laksana pada pasien PEB (pre ekslamsia berat) pada ibu hamil. Juga akan kita laksanakan kunjungan pada pasien gizi buruk dan pemberian PMT dan sembako saat kunjungan tersebut,’’ tegas Agustia.
Disinggung masalah dampak gizi buruk saat ini, Agustia menjelaskan bahwa hal tersebut sangat berdampak luas. ‘’Tidak saja pada kesakitan, kecacatan, dan kematian, tapi juga terhadap pembentukan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas,’’ cetusnya.
Agustia juga menyarankan untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh maka banyak-banyaklah mengonsumsi buah dan sayur. ‘’Agar tubuh selalu dalam keadaan segar, sehat, dan produktif,” tegasnya.

Saat ini di Kabupaten Lahat terdapat 31 kasus gizi buruk. Dari jumlah tersebut, baru 7 orang yang dirawat, 6 di antaranya sudah diperbolehkan pulang. Sedangkan 1 orang masih dirawat dikarenakan penyakit penyerta yakni TB paru dan kelainan penyakit.
Laporan : Novita
Editor/Posting : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article