Pemprov Sumsel

Peringati Haornas, Pemprov Beri Penghargaan Insan Olahraga Berprestasi

Sumateranews.co.id, PALEMBANG – Pemerintah Provinsi (Pemprov)  Sumatera Selatan (Sumsel) memberikan penghargaan, kepada insan olahraga Atlet, Pelatih, Wasit dan Pembina yang berdedikasi dan berprestasi mengharumkan nama baik Sumsel di kancah nasional maupun international. Penghargaan diberikan langsung Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel H. Nasrun Umar dalam rangka memperingati hari olahraga nasional (HAORNAS). Senin (11/09).

Pemberian penghargaan itu merupakan bentuk kepedulian, perhatian, dan terima kasih Pemprov Sumsel bagi insan yanh berkecimpung dunia olahraga. Dalam kesempatan ini Sekretaris Daerah Provinsi Sumsel Nasrun Umar membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia Imam Nahrawi, dalam pidatonya mengatakan budaya olahraga tidak didapatkan dengan instant tetapi harus melalui proses yang berjenjang dan berkelanjutan, dimana dimulai dari lingkungan keluarga sampai komunitas masyarakat yang lebih besar.  “Oleh karena itu diperlukan  peran serta keluarga dengan menerapkan pola hidup aktif dalam aktivas sehari-hari,” tuturnya.

Menurutnya, secara institusional dukungan aktif dari aparatur pemerintah mulai tingkat RT, Desa/Kelurahan, Kecamatan, Kabupaten/Kota hingga tingkat pusat sangat diperlukan dalam menggerakkan, memfasilitasi dan mengedukasi masyarakat agar memahami pentingnya olahraga sebagai gaya hidup. Melalui tema haornas 2017 “Olahraga menyatukan kita” dikatakannya terkandung makna bahwa melalui olahraga tumbuh kembali semangat cinta tanah air, cinta budaya bangsa,  memahami berbagai perbedaan menyatukan jiwa dan semangat kebangsaan.

“Olahraga jauh dari sentimen-sentimen suku, agama, ras maupun golongan. Berolahraga akan menguatkan nilai-nilai sportivitas, persaudaraan, dan kerjasama, serta rasa saling menghargai dan menghormati. Inilah nilai-nilai yang ada dalam olahraga yang akan mempererat rasa persatuan dan kebangsaan kita, sehingga kesemuanya selaras dengan program pemerintah tentang Revolusi Mental,” tambahnnya.

Untuk atlit berprestasi diraih oleh Robert Tadjur L. Gaol cabang olahraga Atlet Bermotor, kemudian Rio Maholtra meraih medali emas untuk cabang olahraga Atlet Atletik, dilanjutkan Agustinus peraih medali emas untuk cabor Atlit berkebutuhan khusus. Sedangkan untuk pembina berprestasi diraih oleh H. Dodi Reza Alex dengan berbagai prestasi pendukung. Untuk pelatih berprestasi dimenangkan oleh Kadir Sani dan untuk Wasit diraih oleh Poernomo.

Menariknya acara tersebut diakhiri dengan pemotongan tumpeng ucapan selamat ulang tahun untuk orang nomor satu di Sumsel H. Alex Noerdin, dimana tanggal lahir dari suami Eliza ini bertepatan dengan HAORNAS. Untuk diketahui Alex Noerdin dianggap memiliki ikatan yang erat dengan olahraga, tepat menginjak umur ke-67 tahun ia telah berhasil menggelar puluhan event olahraga berkelas internasional.

Acara ini turut dihadiri Kapolda Sumatera Selatan Irjen Pol. Drs. Zulkarnain Adinegara, Wakil Ketua DPRD Provinsi Sumsel Yansuri.

 

 

Laporan  : Rill/SU

Editor     : Syarif

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button