PERINGATAN HUT KE-72 TNI DI KODAM II/SWJ, KHIDMAT DAN SEMARAK

0
212

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Puncak peringatan HUT ke-72 TNI tahun 2017 yang dipusatkan di Stadion Garuda Sriwijaya, Jasdam II/Swj Km 9 Palembang, Kamis (5/10/2017) berlangsung khidmat, semarak dan meriah. Puncak peringatan HUT TNI ditandai dengan upacara parade, dimana peserta upacara saat memasuki lapangan upacara diiringi dengan suara rentetan tembakan, granat tabir asap dan ledakan TNT.

Upacara puncak peringatan HUT TNI yang dipimpin langsung oleh Kasdam II/Swj Brigjen TNI Marga Taufiq SH, MH selain diikuti lebih dari 1.100 personel TNI, Polri, PNS, mahasiswa Akper Kesdam II/Swj, FKPPI, PPM, Pelajar dan Pramuka, juga ditampilkan sejumlah Alutsista yang dimiliki ketiga angkatan, baik TNI AD. TNI AL maupun TNI AU, antara lain : Kendaraan Kawal POM TNI, Meriam 105 Armed, Meriam 57 Arhanud, Meriam 60 Arhanud, Kapal Motor Cepat (KMC), Senhub, Tarantula, ANOA, APR, Kendaraan PJD, dan Jihandak.

Upacara HUT TNI yang mengangkat tema Bersama rakyat TNI kuat, antara lain ditandai dengan penghormatan kepada lambang-lambang satuan, Pengucapan Sapta Marga dari ketiga angkatan, penerimaan Penghargaan Negara Satya Lencana Kesetiaan (SLK) XXIV tahun kepada Lettu Arm Muhamad Fauzi, SLK XVI tahun kepada Serma Mus Agus Susanto dan SLK VIII tahun kepada Praka Heri Jatmiko serta pembacaan amanat Panglima TNI oleh Kasdam II/Swj selaku Irup.

Panglima TNI Jenderal TNI Gatot Nurmantyo dalam amanatnya menegaskan bahwa penyelenggaraan HUT TNI pada hakekatnya merupakan salah satu bentuk laporan pertanggungjawaban TNI kepada rakyat atas pembangunan kekuatan TNI yang telah dan sedang dilaksanakan, khususnya pada tahun anggaran 2017.

“Semoga semua yang ditampilkan dalam rangkaian upacara kali ini dapat memberikan gambaran yang utuh tentang pembangunan kekuatan dan profesionalisme Prajurit TNI, sehingga bisa menumbuhkan kecintaan dan kebanggaan seluruh masyarakat Indonesia terhadap TNI,” ujar Panglima TNI.

Pada bagian lain amanatnya, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo menekankan kepada prajurit TNI agar selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, dengan aktif berperan menyelesaikan masalah dan memberikan kontribusi positif demi kemajuan satuan dan lingkungan dimanapun berada.

“Lanjutkan hal-hal positif yang telah terbina selama ini, selalu berinovasi dan berkreasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, sehingga mampu mengantisipasi segala bentuk ancaman proxy war dan cyber war, yang menjadi ancaman nyata bangsa”, tandasnya.

Usai upacara parade, dilanjutkan dengan pagelaran sosiodrama pertempuran 5 hari 5 malam di Palembang yang dimainkan oleh personel gabungan prajurit dan PNS Kodam II/Swj. Pagelaran sosiodrama ini menyedot perhatian hadirin undangan, karena ditampilkan secara apik, artistik dan penuh nilai kejuangan dan ketauladanan.

Selain itu, juga dilaksanakan demo gabungan pencak silat yang melibatkan 300 prajurit satuan tempur dan satuan bantuan tempur jajaran Kodam II/Swj serta atraksi pemecahan tumpukan balok es, pematahan besi kikir, besi beton, batu bata, genting dan lain sebagainya. Atraksi ini membuat decak kagum tamu undangan dan hadirin yang hadir. Tidak hanya itu, kemeriahan HUT TNI juga diisi dengan Panggung Hiburan prajurit rakyat yang dimeriahkan artis ibukota Duo Anggrek dan Team Lo serta artis penyanyi Palembang serta makan tumpeng bersama

Tampak hadir pada kesempatan tersebut, Gubernur Sumsel yang diwakili Asisten I beserta unsur FKPD, Kapolda Sumsel Irjen Pol Zulkarnain, Ketua DPRD Sumsel, FKPD Kota Palembang, Wakil Ketua Dharma Pertiwi Daerah B beserta pengurus dan anggota, tokoh masyarakat, tokoh agama, pejabat TNI dan Polri, komunitas otomotif serta undangan dan komponen masyarakat lainnya.

Sumber : Pendam II
Editor : Imam Ghazali
Posting : Dedy K