Peringatan Hari Kelahiran Pancasila “Saya Indonesia Saya Pancasila”  

0
145

Sumateranews.co.id, BANYUASIN-Pemkab Banyuasin bersama ratusan peserta upacara gabungan memperingati hari lahir Pancasila di lapangan upacara Pemkab Banyuasin, Kamis (1/6).

Hadir pada kegiatan tersebut Plt Bupati Banyuasin Ir SA Supriono, Staf jajaran Pemkab Banyuasin, Ketua beserta jajaran anggota DPRD Kabupaten Banyuasin jajaran TNI, Polri beserta para undangan.

Plt Bupati Banyuasin, Ir SA Supriono MM mengatakan bahwa  dalam memaknai hari lahirnya Pancasila yaitu makna menghimpun semua keberagaman yang ada di Kabupaten setiap saat. ‘’Jika dia umat beragama artinya dia harus taat melaksanakan agamanya, jika dia masyarakat yang umum berarti di harus saling menghormati satu sama lain, baik perilaku kehidupan sehari-hari maupun di dalam keluarga.  Setiap orang punya hak hidup setiap manusia itu mempunyai hak atas dirinya sendiri dan setiap orang terbatas oleh hak orang lain, artinya manusia itu tidak absolut,”  ujarnya.

Oleh karena itu,  jika melakukan suatu kegiatan adalah hak, namun harus mampu berpikir bahwa ada hak orang lain dan tanggung jawab orang lain juga.

“Jadi dia harus menghormati satu sama lain dan jangan bersifat egoistis, sehingga mengakibatkan orang lain dirugikan. Memang mungkin secara pribadi merasa itu adalah hak yang mutlak tetapi absolut Anda dibatasi oleh keabsolutan orang lain,” tegas Supriono.

Dirinya berharap masyarakat Banyuasin tetap bersatu dengan keberagaman ini, guna membangun Banyuasin yang lebih maju ke depan. “Saya Indonesia saya Pancasila, semoga kedepan banyuasin akan lebih maju,” tandasnya.

Sementara itu, H Agus Salam Ketua DPRD Kabupaten Banyuasin mengatakan, Pancasila itu harga mati di manapun juga berada di negeri ini Pancasila itu adalah dasar negara Republik Indonesia, berarti harus melekat di seluruh jiwa bangsa Indonesia termasuk di Kabupaten Banyuasin.

“Implementasinya Pancasila itu harus dimulai dari diri masing-masing, lalu keluarga dan setelah itu bagaimana kita implementasikan kepada masyarakat. Saya kira apabila Pancasila itu sudah dimulai dari diri kita masing-masing, akan menjadi modal pembangunan di Kabupaten Banyuasin,” pungkasnya. (Adv/Al Dafid)

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article