Periksa Dugaan Kerugian Negara, Tim Audit BPK RI dan Tipikor Polres Muba Periksa Gedung GSG

0
214

Sumateranews.co.id, SEKAYU – Tim audit BPK RI, BPKP Sumsel beserta Tim Ahli Politeknik Universitas Sriwijaya didampingi Tipikor Polres Muba dan disaksikan oleh Dinas PU Cipta Karya, Rabu (31/01/2018) diterjunkan langsung ke lapangan guna menghitung besaran dugaan kerugian keuangan daerah terhadap pembangunan gedung Serba Guna Sekayu. Hal itu dilakukan untuk menindaklanjuti dugaan penyimpangan yang berkaitan dengan pembangunan gedung Serba Guna yang dibangun secara bertahap dengan total dana Rp. 63,3 milyar lebih.
Pemeriksaan fisik bangunan sendiri dibagi terdiri dari dua Tim dengan menyisir seluruh bangunan dengan mengacu pada dokumen Adendum Surat Perjanjian Kontrak.

Menurut Kapolres Muba, AKBP Rahmat Hakim melalui Kasat Reskrim Muba AKP M Kemas Syawaludin, pengecekan hari ini adalah yang terakhir dengan melibatkan langsung Tim Ahli Politeknik Unsri dan Tim dari BPK RI. Adapun pemeriksaan sendiri berdasarkan dokumen, dimana bila dilihat kondisi saat ini keadaan gedung sudah mengalami kerusakan. Sedangkan terkait penetapan tersangka kita sesuaikan dengan hasil riil pemeriksaan Tim bila ditemukan adanya unsur pidananya akan segera dilakukan penindakan.
Sementara itu, dijelaskan Ketua Tim Ahli Politeknik Unsri Pak Dirman, pengecekan langsung ini dilakukan guna mempercepat hasil investigasi sebelumnya dengan berpedoman pada kontrak kerja. Dalam sistem penghitungan di samping berdasarkan adendum, kita juga lakukan sistem silang dengan langsung didampingi oleh Dinas PU CK Muba. “Dikarenakan kondisi gedung sudah ada yang rusak dan hilang, maka sistem pemeriksaan dan perhitungan disesuaikan dengan adendum,” ungkap Dirman.
Berdasarkan pemantauan di lapangan, kondisi gedung yang dibangun pada tahun 2013 dan diselesaikan pada tahun 2016 dengan menelan anggaran APBD Muba sebesar Rp. 63,3 milyar lebih saat ini sudah mengalami kerusakan di sana-sini. Terlihat sebagian besar plafon ruangan ambruk dan kaca jendela serta ruangan dalam keadaan pecah berserakan kemungkinan besar dirusak oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

Laporan : Hasbullah Anwar
Editor/Posting : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article