Crime HistoryPalembangSecond HeadlineSumsel

Percepat Vaksinasi WBP, Kakanwil Kemenkumham Sumsel Sambangi Dukcapil Sumsel

PALEMBANG – Kakanwil Kemenkumham Sumsel, Harun Sulianto, pada Jumat pagi, 8 April 2022, menyambangi Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Provinsi Sumatera Selatan Fuadi.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto mengatakan maksud kehadirannya adalah untuk berkoordinasi dalam rangka percepatan pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 dengan target seluruh Warga Binaan Pemasyarakatan pada Lapas/LPKA/Rutan di wilayah Sumatera Selatan.

Kakanwil Harun menyampaikan, bahwa pihaknya sedang gencar melakukan percepatan vaksinasi terhadap 16.000 Warga Binaan, tahanan, dan Anak Didik Pemasyarakatan yang ada Lapas/LPKA/Rutan. Namun dalam pelaksanaan vaksinasi tersebut terdapat kendala banyak WBP yang belum memiliki Nomor Induk Kependudukan (NIK).

“Kendala NIK ini membuat WBP ditunda pemberian vaksin Covid-19 nya”, terang Kakanwil Harun.

“Untuk itulah kami hadir ke sini untuk berkoordinasi dan sama-sama mencari solusi terbaik supaya para WBP dapat diberikan vaksin dalam rangka memenuhi hak kesehatan mereka,” lanjut Harun.

Sementara itu, Kepala Dinas Dukcapil Provinsi Sumatera Selatan Fuadi menjelaskan pihaknya merupakan perpanjangan tangan dari Ditjen Dukcapil. Kemendagri sudah melakukan sinergi dalam program jemput bola terkait pendataan NIK kepada WBP di Lapas/Rutan,

“Karena keluar masuknya para tahanan/narapidana membuat proses pendataan sedikit terhambat. Kemudian belum terkonsolidasinya data di Kab/Kota dengan server yang ada di pusat,” terang Fuadi.

Dalam kesempatan itu, Fuadi mengusulkan agar adanya kerja sama antar pihak yang berwenang untuk mensyaratkan setiap WBP yang baru masuk harus dipastikan identitasnya, atau jika belum ada menurut Fuadi dilakukan perekamanan terlebih dahulu.

“Kami siap bersinergi dan mengkoordinir Dukcapil yang ada di Kab/kota di Sumsel untuk mendampingi pelaksanaan vaksinasi di Lapas/Rutan. Kami mohon juga sebelum pelaksanaan vaksinasi agar kami turut diberitahukan agar kami bisa menyiapkan tim yang mendampingi untuk melakukan pendataan serta perekaman,” ungkapnya.

Fuadi juga mengatakan, selain untuk vaksinasi pendataan NIK bagi para wargabinaan sangat diperlukan sebagai warga negara untuk memperoleh menggunakan hak pilih maupun layanan kesehatan.

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Harun Sulianto berterimakasih atas koordinasi yang baik ini, dengan harapan agar dalam waktu dekat ini semua WBP, tahanan dan anak didik pemasyarakatan bisa mendapatkan NIK.

Pada kegiatan itu, Kakanwil didampingi oleh Kepala Sub Bagian Humas, Reformasi Birokrasi, dan Teknologi Informasi Hamsir. (Are/*)

Editor: Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button