Perangkat Desa dan Mahasiswa KKN Unsri Bersihkan Sampah

42

Sumateranews.co.id, LAHAT- Seiring dengan terangnya sinar mentari pagi, Tim Kebersihan Kecamatan Lahat Selatan, para Perangkat Desa dan masyarakat serta Mahasiswa KKN Universitas Sriwijaya bahu membahu membersihkan timbunan sampah di tanah kosong sudut Tanjung Tebat Lahat Selatan.

Camat Lahat Selatan H. Budi Utama. S.IP didampingi Kepala Desa Tanjung Tebat Sangkudin mengajak masyarakat untuk tidak membuang sampah sembarangan apalagi ke sungai.

Pemerintah Desa telah menyiapkan Petugas Kebersihan dan 1 unit bentor yang secara berkala dalam satu Minggu tiga kali mengangkut sampah dari rumah masyarakat. Lalu, dikumpulkan, dipilah, dan dibuang ke mobil angkutan stand by sampah di Pasar Kangkungan.

Ke depan diharapkan dapat terbentuk Bank Sampah suatu pola pengurangan sampah dengan mengedepankan peran serta aktif masyarakat. Dimana sampah sudah terpilah dari rumah tangga masing-masing. ‘’Sampah organik mereka kumpulkan dibuat pupuk kompos organik dan digunakan untuk tanaman toga dan tanaman bumbu dapur ibu-ibu yang dapat mengurangi ongkos  belanja dapur,’’ kata camat.

Masyarakat diminta tidak lagi membuang sampah di lokasi pembuangan sampah ilegal tersebut. Kepala desa telah menyiapkan karung-karung di depan rumah warga untuk tempat sampah. Petugas kebersihan akan mengambilnya dengan bentor.

Laporan   : Novita/Ril

Posting    : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here