PER 1 FEBRUARI 2018, RSUD LAHAT TIDAK LAYANI PASIEN GUNAKAN KTP DAN KK

0
355

Sumateranews.co.id, LAHAT- Bagi masyarakat kurang mampu di Kabupaten Lahat, tentunya apa yang dilakukan oleh pemerintah terutama bagi warga yang hendak berobat baik rawat inap dan jalan harus menjadi kurang mengenakkan bagi mereka, karena terhitung 1 Februari 2018 mendatang, pihak RSUD Lahat tidak melayani pasien yang menggunakan KTP dan KK atau disebut Jamsoskes Semesta.
Setelah sebelumnya, surat edaran Bupati Lahat, No 445.1/135/RSUD/2018 yang ditujukan kepada Kepala RSUD Lahat, Kadinkes, Camat, Lurah agar mensosialisasikan kepada masyarakat.

Direktur RSUD Lahat, dr Hj Laela Cholik menilai, Lahat sendiri sudah terlambat dibanding kabupaten tetangga lainya, seperti Kabupaten Muara Enim sudah awal Januari diterapkan tidak menerima KK dan KTP lagi.

“Kita masih menindaklanjuti edaran Bapak Bupati Lahat dan Bapak Bupati Muara Enim. Kalau Muara Enim per 1 Januari tidak melayani, kalau Lahat per Februari 2018 ini,” ujarnya, Jumat (26/1).

Ia menegaskan, apabila masih ada masyarakat Kabupaten Lahat yang ingin berobat dengan menggunakan KK dan KTP maka jelas akan ditolak oleh pihak RSUD Lahat. “Yaa, sudah tidak bisa dilayani lagi,” tegas dr Hj Laela.

Akan tetapi, masih kata dr Hj Laela, karena pengguna fasilitas kesehatan dengan KK dan KTP selama ini adalah masyarakat menengah ke bawah, maka dr Hj Laela pun menjelaskan, bagi masyarakat kurang mampu jika ingin berobat namun tidak punya BPJS, maka masih bisa berobat gratis dengan melapor ke pihak puskesmas setempat dan ikuti proses selanjutnya.

“Untuk masyarakat tidak mampu dengan penyakit kronis, melapor melalui puskesmas setempat ke Dinas Kesehatan. Kalau memang diverifikasi Dinas Kesehatan layak dan memenuhi syarat, akan dibantu melalui BPJS daerah,” pungkasnya.

Laporan : Novita/Idham
Editor/Posting : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article