Penjual Dogan Berjejer di Jalan Yos Sudarso Linggau

0
168

Sumateranews.co.id, LUBUKLINGGAU- Bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Tanpa terkecuali keberkahan   juga buat penjual kelapa muda atau dogan.

Karena itu, kalau kita berada di Jalan Yos Sudarso Linggau, maka akan kita dapati jejeran pedagang  dogan mencari rizki dari kaum muslim yang mau berbuka. Tak hanya penjual dogan, juga terlihat puluhan bahkan lebih pedagang pempek dan lemang yang terus sibuk meladeni pembeli di saat Bakda Ashar. Kita dapat menjumpai para pedagang ini di sekitar Mitsubishi Kelurahan Watervang Kecamatan Lubuklinggau Timur I.

“Alhamdulilah bulan suci Ramadhan menjadi bulan yang penuh berkah bagi kami penjual kelapa muda (dogan). Dengan adanya momen seperti ini dapat membantu perekonomian keluarga,’’ aku Yuli (45) salah satu pedagang, Sabtu (26/5).

Untuk harga satu dogan mulai Rp 7—8 ribu. ‘’Ya kalau yang besar harganya Rp 8 ribu. Alhamdulillah, dalam seharinya kita berhasil menjual 20—30 buah dogan,’’ tambah Yuli lagi.

Hal yang juga dikatakan oleh pedagang lainnya yang biasa disapa Lek Ran. ‘’Kalau saya kebetulan punya kebun kelapa atau dogan sendiri. Jadi, setiap hari dogan yang kami jual masih segar karena memang baru diambil. Harganya sama dengan pedagang lain Pak,’’ ujarnya.

Jika kehabisan stok dogan, maka Lek Ran pun membelinya ke warga yang lain. ‘’Kalau kita beli dan manjat sendiri harganya Rp 3 ribu, kalau diambilin harganya 4 ribu,’’ cetus Lek Ran.

Salah satu pembeli yakni Dewi (22) mengaku senang dengan dogan untuk berbuka. ‘’Kebetulan kami langganan dengan Lek Ran karena kelapanya masih segar-segar. Harganya ada yang 7 ribu, ada juga yang 8 ribu,’’ aku Dewi.

Laporan          : Donna April

Editor/Posting : Imam Ghazali