Pengurus Masjid Resah, Kawanan Pencuri Mulai Incar Kotak Amal Masjid

0
468
CURI KOTAK AMAL MASJID: H Ismet (48), salah satu pengurus Masjid Al Muhajirin, Tugu Kecil saat menunjukan salah satu kotak amal yang sudah kosong, setelah uang jutaan rupiah didalamnya yang berasal dari sumbangan sedekah dan infak jemaah raib dibawa kabur kawanan pelaku, baru-baru ini.

Sumateranews.co.id, PRABUMULIH – Aksi kawanan pelaku pencurian belakangan ini kian menggila dan nekat. Tak hanya rumah pemukiman warga yang jadi incarannya, kini rumah ibadah juga tak luput dari teror komplotan pencuri ini. Seperti yang terjadi di salah satu masjid di kawasan Jalan Jenderal Sudirman, Kelurahan Tugu Kecil, Kecamatan Prabumulih Timur baru-baru ini.

Dua kotak amal milik Masjid Al Muhajirin diketahui digasak pencuri. Akibatnya uang jutaan rupiah hasil sedekah dan infak para jamaah yang ada dalam dua kotak amal tersebut raib dibawa kabur pelaku. Peristiwa hilangnya uang sumbangan dalam kotak amal masjid itu baru diketahui setelah salah seorang pengurus masjid Al Muhajirin hendak membuka masjid untuk sholat shubuh, Kamis (20/09) dini hari, sekitar pukul 04.30 WIB kemarin.

“Kalau kotak amal itu baru sekitar tiga harian, dan diperkirakan satu kotak amal itu berisi uang Rp 500 ribuan. Pelaku diduga masuk ke dalam masjid lewat pentilasi jendela samping masjid, dan seluruh uang yang ada dalam dua kotak amal itu mereka ambil,” ungkap H Ismet (48) salah satu pengurus Masjid Al Muhajirin, kepada wartawan, Jumat (21/09).

Menurut H Ismet, kejadian hilangnya uang dalam kotak amal di masjid mereka bukan yang pertama kali terjadi. “Kejadian ini sudah sering terjadi, dan tadi sudah dilaporkan sama pengurus lainnya,” sebut dia, menyesalkan aksi tindakan para pelaku yang nekat dan berani.

Ismet mengatakan, hilangnya uang di dalam dua kotak amal masjid ia ketahui ketika hendak memersiapkan menjelang salat subuh bagi Jemaah masjid. Saat hendak membuka masjid dia temukan kotak amal tersebut sudah berada di toilet yang berada di samping masjid dengan kondisi telah terbuka. Padahal saat malamnya kotak tersebut masih berada di dalam dalam keadaan tertutup.

Dia menduga para pelaku masuk melalui pentilasi jendela samping masjid. Sebab, kondisi terali pentilasi sudah dalam keadaan rusak, sehingga dengan mudah pencuri masuk kedalam masjid dan berhasil menggodol jutaan uang di dalam kotak amal tersebut. Pihaknya pun berencana akan segera membuat membuat laporan kejadian tersebut ke pihak berwajib.

“Untuk sementara ini belum kita buat, tapi kita rencanakan akan segera kita laporkan kepada pihak kepolisian,” imbuh dia.

Menanggapi itu, Kapolres Prabumulih, AKBP Tito Travolta Hutauruk SH SIk MH melalui Kasat Reskrim, AKP Eryadi Yuswanto SH MH ketika berhasil dikonfirmasi salah satu awak media mengaku akan segera melakukan penyelidikan terkait seringnya kejadian pencurian isi kotak amal masjid tersebut.

“Kita imbau pengurus masjid untuk membuat laporannya segera. Namun, meski belum adanya laporan kita akan segera mengecek ke lokasi masjid guna penyelidikan kasus ini,” tukasnya.

Laporan : AD

Editor/Posting : Donny