Penguni Panti Tunalaras Diajak Ke Pemandian Air Panas

0
320

Sumateranews.co.id, SUMATERA UTARA- Sebanyak 50 orang tunalaras yang berasal dari berbagai tempat yang kini menghuni Panti Tunalaras Pejoreken, Berastagi, Kabupaten Karo dibawa ke objek wisata pemandian air panas Semangat Gunung.

Menurut Romianto Ginting, Kasi Pengasuhan dan Rehabilitasi Panti Sosial Tunalaras Pejoreken Berastagi saat ditemui di lokasi pemandian, tujuan dibawa rekreasi untuk membuka wawasan mereka dan mengembangkan rasa percaya diri.

“Yang kita bawa rekreasi ini sekitar 50 orang warga binaan yang sudah hampir sembuh dan sudah bisa dijemput oleh keluarga mereka. Kita berharap dengan rekreasi ini, wawasan dan percaya diri mereka semakin berkembang. Sewaktu kembali ke tengah masyarakat, kita harapkan sudah bisa bersosialisasi sebagaimana mestinya,” jelas Ginting yang baru 8 bulan bertugas di panti tersebut, Sabtu (27/1).

Masih kata Ginting, Panti Tunalaras Pejoreken Berastagi ini, diisi oleh 110 orang warga binaan yang dikirim dari Rumah Sakit Jiwa Medan serta dirujuk oleh orang tua mereka.

“Kebanyakan dari mereka masih memiliki keluarga yang sering datang berkunjung. Sedangkan 40 persen lagi tidak diketahui asal usulnya,” ujarnya.

“Kami berupaya mendidik mereka menjadi manusia seutuhnya. Di Panti Tunalaras Pejoreken ini, mereka dilatih bersosialisasi dengan sekitarnya serta diajarkan melakukan berbagai kegiatan. Di antaranya berhitung, membaca, berkebun, membuat kerajinan tangan, senam dan berolah raga sehingga mereka punya bekal saat kembali ke keluarga masing-masing,” ucapnya.

“Kalau untuk makanan sehari-hari tidak ada kendala. Saat ini kami butuh pompa air sumur bor, karena kita kesulitan air mandi untuk 110 warga binaan kita ini,” tambah Ginting berharap kiranya ada dermawan yang tergerak hatinya membantu pengadaan pompa sumur bor tersebut.

Laporan : Sofya
Editor/Posting : Imam Ghazali

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article