Penerimaan Mahasiswa Baru, Unitas Palembang Terapkan Sistem Online

0
712
Salah satu dari sekian banyak perguruan tinggi yang menerapkan sistem penerimaan mahasiswa baru secara online yakni Universitas Taman Siswa Palembang.

sumateranews.co.id, PALEMBANG – Sejumlah Perguruan Tinggi baik negeri maupun swasta kini lagi gencar-gencarnya melakukan penerimaan mahasiswa baru dengan berbagai strategi promosi yang dilakukan guna menarik minat calon mahasiswa agar dapat melanjutkan kuliah di perguruan tinggi yang diinginkan.

Di tengah pandemi covid 19 tentunya bukan menjadi penghalang bagi perguruan tinggi dalam proses penerimaan mahasiswa baru. Karena setiap perguruan tinggi di Indonesia khususnya di kawasan Provinsi Sumatera Selatan terutama Kota Palembang sudah menggunakan sistem online. Salah satu dari sekian banyak perguruan tinggi yang menerapkan sistem penerimaan mahasiswa baru secara online yakni Universitas Taman Siswa Palembang.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Rektor Universitas Taman Siswa Palembang Dr. Ki. Azwar Agus, SH., M.Hum., bahwasanya pada tahun akademik 2020/2021 penerimaan mahasiswa baru telah dilakukan secara online tanpa harus bertatap muka secara langsung.

“Penerimaan mahasiswa baru di Universitas Taman Siswa Palembang tahun akademik 2020/2021 kita laksanakan secara online. Bahkan bukan itu saja Universitas Taman Siswa Palembang telah lama menerapkan sistem online dalam kegiatan administrasi kampus baik seperti pengisian KRS mahasiswa.” kata Rektor Unitas Palembang dalam wawancara online, pada Kamis (11/6).

Rektor Unitas Palembang menambahkan bahwa untuk menjawab tantangan permasalahan global yang saat ini sedang melanda Indonesia khususnya Provinsi Sumsel terutama Kota Palembang yakni pendemi covid 19 tentu ini bukan permasalahan ringan bagi kita semua. Untuk itu, sesuai dengan ajuran yang ditetapkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional mengenai pembelajaran online, maka Unitas Palembang menerapkan seluruh kegiatan belajar mengajar di kampus untuk sementara di alihkan menggunakan sistem online.

“Unitas Palembang telah melakukan berbagai upaya dalam menyikapi pemasalahan yang sedang di alami Indonesia yakni pandemi covid 19 seperti pengisian KRS online, kuliah online, penerimaan mahasiswa baru secara online dan ujian secara online. Ini merupakan strategi dari Unitas Palembang Untuk menjawab tantangan globalisasi ditengah pandemik Covid 19,” ujar Rektor Unitas Palembang.

Rektor Unitas Palembang juga memaparkan bahwa terdapat kendala yang tak bias diungkiri terkait dengan penerimaan mahasiswa baru tahun ini dengan tahun sebelumnya. Seperti diketahui, mahasiswa Unitas Palembang sebagian besar adalah karyawan/pekerja. “Dalam kondisi Pandemik Covid 19 ini banyak terjadi PHK, di rumahkan dan banyak pula orang tua dari pekerja tersebut di PHK. Hal ini yang menjadi kendala dalam penerimaan mahasiswa tahun akademik 2020/2021,” tuturnya.

Menurut hematnya, hal ini juga berimbas pada semua Peguruan Tinggi Swasta di Sumsel bahkan di Indonesia. Mungkin para orang tua yang ingin mengkuliahkan anaknya pada tahun ini akibat terdampak pandemi covid 19 menjadikan orang tua menunda anaknya untuk kuliah dan lebih mementingkan kehidupan sehari-harinya dulu.

“Bahkan Bisa bertahan dalam kondisi saat ini adalah sesuatu patut diperjuangkan,” ujar Rektor.

“Namun kendala tersebut, bukan menjadi suatu penghalang bagi Unitas Palembang dalam penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2020/2021. Karena, kita sudah lama menyiapkan strategi jitu dalam menarik calon mahasiswa baru salah satunya yang kami tawarkan ialah program studi yang bisa menciptkan lulusan yang professional dalam menghadapi persaingan global,” tangkasnya.

Adapun fakultas yang ada di Universitas Taman Siswa Program Strata I, yaitu : Fakultas Hukum, Ekonomi, Teknik, Pertanian, Fakultas Ilmu Ssosial dan Ilmu Politik dan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Selain itu, Strata 2 Magister Ilmu Pemerintahan (MIP).

Rektor juga menyampaikan bahwa ada beberapa keuntungan yang diperoleh bergabung di Universitas Taman Siswa Palembang, selain kampusnya di tengah kota dan mudah dijangkau, para pengajar yang qualified secara teori dan praktek serta pembayaran uang kuliah yang rasional dan dapat diangsur. Apalagi saat menghadapi kondisi pandemik ini, dimana biaya kuliah harus dibagi dengan biaya kehidupan.

“Kita berharap Unitas Palembang akan tetap eksis menghadapi kondisi apapun, dan kita sudah menyiapkan strateginya. Sebagai Kampus Perjuangan Kebangsaan Ki Hadjar Dewantara, kita akan bersiap mengahadapi era baru “New normal” dengan segala konsekwensinya,” harap dia.

Pada akhir wawancara Rektor Unitas Palembang mengimbau kepada mahasiswa, dosen dan tenaga administrasi bahkan masyarakat kota Palembang untuk senantiasa menjaga kesehatan dan selalu mematuhi protokol kesehatan seperti cuci tangan, jaga jarak dan pakai masker.

“Daftarkan diri Anda ke Universitas Taman Siswa Palembang dengan mengkunjungi laman kami di www.Unitaspalembang.ac.id,” pungkasnya.

Laporan : Rilis/Danu III Editor : Donni