PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP (PTSL) DITARGETKAN 14.000

0
503

Sumateranews.co.id, LAHAT- Satu lagi Program Jokowi di bidang pertanahan untuk pembuatan sertifikat murah yakni PTSL. Program ini didasarkan pada keputusan bersama antara Menteri Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Menteri Dalam Negeri RI.

Menanggapi hal itu, Kepala BPN Lahat Rohmanus melalui Nawawi SH selaku Kasi Hubungan Hukum Pertanahan mengungkapkan bahwa pembuatan PTSL yang dulu dinamakan Prona untuk Kabupaten Lahat pada tahun 2017 ditargetkan 14.000 sertifikat.

Hingga bulan Oktober ini yang sudah jadi sertifikat berjumlah 2.336 buah di 13 kecamatan. Khusus untuk 3 kecamatan yaitu Kecamatan Kikim Barat, Sukamerindu, dan Kecamatan Jarai diukur pihak ke 3. ‘’Jadi untuk 10000 bidang diukur oleh BPN dan Swakelola 4.000 bidang. Apabila pihak BPN belum mencapai target yang telah ditentukan sampai akhir tahun nanti maka dana harus kita kembalikan lagi ke pusat,’’ tegasnya.

Prona sporadik dikategorikan menjadi 4 kategori yaitu:

1. K1 Pendaftaran tanah

2. K2 sengketa

3. K3 BUMN PT

4. K4 sudah ada sertifikat

‘’Kami dari pihak BPN tidak akan mengukur tanpa ada patok batas. Dalam pelaksanaan dikerjakan oleh dua tim yaitu tim fisik dan tim yuridis. Untuk itu kami imbau kepada masyarakat untuk segeralah mendaftar kepemilikan tanah dengan mengisi formulir risalah. Untuk Sumatera Selatan besar dana berkisar Rp 200.000 tidak boleh lebih,’’ tandasnya.

Laporan : Novita

Editor : Imam Ghazali

Posting : Andre

sumatranews.co.id1 id : 10717 Under Article