Penanganan Covid-19, Wali Nagari Tigo Sungai Inderapura Imbau Masyarakat Jaga Jarak dan Jauhi Kerumunan

39

Sumateranews.co.id, PESSEL – Wali Nagari Tigo Sungai inderapura, kecamatan Pancung Soal, Kabupaten Pesisir Selatan, Suherdi mengimbau dan mengajak masyarakat untuk mematuhi kebijakan pemerintah dalam  mencegah dan menangani penyebaran wabah Covid-19 dengan bersama menjaga jarak dan menghindari kerumunan warga.

“Sesuai imbauan Kapolri dalam maklumat yang berisi ajakan kepada masyarakat untuk berupaya tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang sifatnya mengumpulakan orang banyak,” ucap Suherdi, ketika dibincangi di ruangan kerjanya, pada Selasa (07/04).

Menurut Suherdi, selain terus melakukan sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat, pihaknya juga melakukan penyemprotan Disinfectant ke sejumlah fasilitas umum, dan rumah-rumah warga.

“Banyak upaya yang kami lakukan, diantaranya penyemprotan disinfektan. Hal ini juga terus disosialisasikan oleh seluruh jajaran, baik di tingkat kabupaten, Polres, Polsek, Babinkhamtibmas, dan Babinsa, perangkat wali Nagari, dan masyarakat dalam mencegah virus covid-19 agar tidak menular dan menjadi polemik di kabupaten Pesisir Selatan ini,” jelas dia.

Di tempat yang sama, Kepala Kampung Rimbo Panjang, Isbandi, dan Kepala Kampung Sungai Aqsa, Doli Marsandra ketika ditemui awak media mengatakan, kegiatan dilakukan dalam rangka untuk penanganan atau pencegahan Covid-19 yang menjadi kekhawatiran warga dengan cara melakukan penyemprotan disifektan disetiap lingkungan

“Kami dari pihak Nagari masing-mading bersama masyarakat melakukan penyemprotan disinfektan ini di fasilitas umum seperti tempat ibadah, posyandu, posko, rumah sekolah, rumah warga, dan kantor agar dapat terhindar dari virus,” sebut Isbandi.

Dia menambahkan, tindakan itu sangat penting dilakukan sebagai upaya mengantisipasi diri, keluarga maupun lingkungan di kabupaten Pesisir Selatan,”.tandas kepala kampung, Isbandi dan Doli Marsandra.

Selanjutnya, masih ditambahkan Wali Nagari, Suherdi dalam kegiatan itu pihaknya tidak membagi dalam beberapa kelompok tapi diberi tanggung jawab di wilayah Nagari masing-masing untuk mengawal atau mengontrol lingkungannya masing-masing dalam melakukan pencegahan penyebaran wabah covid-19.

“Kegiatan penyemprotan ini sudah di mulai sejak Rabu, 1 April 2020 sampai sekarang,” sebutnya, seraya menambahkan ucapan terima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, TNI-Polri, dan Dinas Kesehatan.

“Alhamdulillah berkat kerja sama yang baik seluruh elemen, baik Babinsa dan Babinkhamtibmas maupun dinas kesehatan yang beraktifitas di Nagari Tigo Sungai Inderapura kecamatan Pancung Soal telah terlaksana dengan baik.

Imbauannya berdiam diri di rumah, hindari kerumunan, menjaga kebersihan dan selalau rajin mencuci tangan agar kesehatan tetap terjaga dengan baik,” pungkasnya.

Terakhir, ia juga meminta kepada seluruh masyarakat, sanak keluarga yang ada diperantauan agar dibertahu untuk tidak pulang kampung, atau mudik disaat menghadapi tantangan penyebaran virus pandemi covid-19.

“Mari kita berdoa kepada Allah SWT, supaya cepat terlepas dari wabah covid-19 ini, dan semoga Nagari kita tetap menjadi terdepan dalam program pemberdayaan masyarakat dan mendukung program pemerintah dalam pengentasan kemiskinan dan kesehatan diri dan lingkungan, apalagi kita akan memasuki bulan suci Ramadan 1441 H,” harapnya.

Laporan : Hen

Editor.    : Donni

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here