Pemudik Keluhkan Parahnya Jalan di SDL dan SDU

0
173

Sumateranews.co.id, MUARA ENIM – Jalan Kabupaten Muara enim yang menghubungkan tiga kecamatan di wilayah Semende Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan rusak parah, bahkan sebagian besar nyaris tak dapat dilintasi kendaran roda empat (R4).
Pantauan awak media Sumateranews.co.id Muara Enim dari H-2 Lebaran hingga Rabu, (28/6/2017), tampak puluhan titik jalan yang rusak parah berada di wilayah Kecamatan Semende Darat Laut (SDL) hingga Kecamatan Semende Darat Ulu (SDU).
Titik jalur yang berlobang hingga kedalaman mencapai 40 centimeter dan lebar dari 1 meter hingga nyaris memutus jalur di titik Desa Pulau Panggung Kecamatan SDL, di Desa Batu Surau Kecamatan SDT. Sementara di sepanjang jalur SDL hingga SDU puluhan titik longsor bahkan nyaris memutus akses jalan di tiga kecamatan itu.
Parahnya lagi jalur yang cukup parah berada antara Desa Tanjung Raya hingga ke Desa Rekimay Kecamatan SDT.
Deka Saputra (29) salah satu pemudik dari Kota Muara Enim mengatakan bahwa dirinya sangat kecewa dengan kinerja dinas terkait yang terkesan membiarkan kerusakan jalur itu. Apalagi di musim hujan, dimana sebagian siring di pinggir jalan sudah tersumbat hingga airnya menggerus badan jalan.
“Saat ini jalur kita terlihat ekstrim karena penuh kerusakan, dan badan jalan nyaris putus. Kami sangat berharap pemerintah sesegera mungkin turun tangan,” tegasnya.
Sementara Idison Azkar (30), salah seorang supir angkutan desa juga mengeluh. Sebab, mereka harus ekstrahati-hati saat berkendara melintasi jalur tersebut, khususnya dari SDL hingga SDU. Kerusakan ini sudah berlangsung hampir setahun lalu, hingga kini jalur tersebut belum juga ada tanda-tanda perbaikan.
“Setahun lebih jalan ini dibiarkan rusak, kalau dibiarkan seperti saat ini, bisa saja tidak dapat di lewati lagi,kami semua warga di sini, hendaknya kepada semua wakil rakyat dapil 5 khususnya asal Semende. Tolong dengar keluhan kami ini,” tegas Idison.

Laporan : Deka Saputra

Editor : Imam Ghazali

Posting : Syarif