PalembangSecond HeadlineSiswaSumsel

Pemprov Sumsel Tahun Depan Rencanakan Gelar Tournament Bola Basket Tingkat SMA/SMK se-Sumsel

PALEMBANG – Gubernur Sumatera Selatan, H Herman Deru melalui Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumsel, Drs. Ahmad Yusuf Wibowo merencanakan akan menggelar Tournament Bola Basket Antar Pelajar Tingkat SMA/SMK Negeri dan Swasta se-Sumsel.

Wacana itu, disampaikan Ahmad Yusuf Wibowo, saat menghadiri acara pembukaan Tournament Bola Basket Antar Pelajar Tingkat SMA/SMK se-Kota Palembang memperebutkan Piala Gubernur Sumsel Tahun 2021, yang diselenggarakan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Sumsel di lapangan basket SMA Negeri 1 Palembang, Sabtu (26/9/2021).

“Tournament ini sebagai ajang Optimisme untuk membangkitkan gairah olehraga, namun tetap mematuhi protokol kesehatan,” ujar Kadispora Sumsel ini, saat dibincangi usai pembukaan tournament.

Menurut Ahmad Yusuf Wibowo, meski masih masa pandemi, pihaknya optimis tetap dapat melaksanakan kegiatan olahraga dengan protokol kesehatan yang ketat.

“Dengan adanya pertandingan ini sebagai bentuk mempererat tali silaturahmi antar pelajar di Kota Palembang, selain itu juga sebagai ajang untuk mencari bibit olahraga.

Apalagi kita sudah bekerja sama dengan Junior NBA yang sudah terjalin selama 4 tahun ini,” tukasnya.

Melalui program kerja sama itu, terang Ahmad Yusuf Wibowo, tercatat sudah sebanyak 2000 lebih guru olahraga, pelatih olahraga basket yang mengikuti kelas Coaching Clinic dari Junior NBA, sehingga pihaknya optimis tahun depan dapat menggelar di tingkat SMA/SMK se-Sumsel.

“Pertandingan basket ini, insya allah akan kita lanjutkan tahun depan mudah-mudahan dapat kita laksanakan sampai tingkat Provinsi,” imbuh Yusuf.

“Memang saat ini baru dilaksanakan ditingkat Kota Palembang.

Tapi tahun depan mudah mudahan dapat diikuti oleh seluruh SMA/SMK se Sumsel,” tandasnya.

Terakhir, Ahmad Yusuf mengingatkan, agar selama pertandingan yang dilaksanakan di masa pandemi, untuk mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan.

“Jangan sampai kelonggaran yang diberikan Pemerintah membuat kita lengah.

Kita harus tetap mematuhi protokol kesehatan. Dan pertandingan ini dilaksanakan tanpa penonton,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panitia KONI Sumsel, M. Napoleon mengatakan, bahwa Tournament Bola Basket antar Pelajar Tingkat SMA/SMK Negeri dan Swasta se-kota Palembang ini memperebutkan Piala Gubernur Sumsel Tahun 2021.

Dia juga mengungkap, untuk tahun depan, akan dibuat lebih luas lagi dengan empat zona.

“Pertandingan yang dibuat KONI Sumsel ini sangat diapresiasi Bapak Gubernur.

Karena ini baru pertama kali untuk tingkat SMA/SMK Negeri dan Swasta,” ungkapnya.

Napoleon menambahkan, bahwa pertandingan digelar bertujuan untuk menjalin persatuan dan kesatuan, serta menciptakan bibit bibit pemain yang akan dibina agar menjadi profesional.

Ketika disinggung pertandingan yang tanpa penonton, Napoleon menjelaskan, hal itu tidak mengurangi eforia dan semangat para pemain.

“Kita ingin menggairahkan kembali semangat olahraga. Arahan dari Dinkes dan Kepolisian, pelaksanaan pertandingan olahraga harus tetap mematuhi protokol kesehatan dan tanpa penonton,” bebernya.

Untuk pertandingan ini, sambung Napoleon, diikuti sebanyak 28 tim putra dan 16 tim putri.

“Insya Allah saat pertandingan final atau penutupan nanti akan dihadiri langsung oleh Bapak Gubernur Sumsel.

Sekaligus menyerahkan piala kepada pemenang,” tandasnya.

Terpisah, Kepsek SMA 1 Palembang H. Moses Ahmad ketika diwawancarai mengatakan, pihaknya hanya menyediakan tempat dan pelaksananya KONI Sumsel.

“Kami mendukung sepenuhnya kegiatan ini. Dengan adanya turnamen ini terjalin silaturahmi pelajar se-Kota Palembang dan tahun depan se Provinsi Sumsel,” imbuhnya, seraya menambahkan, dalam pertandingan tersebut, pihaknya hanya mengirim satu tim putra dan satu tim putri.

Dari pantauan, selain dihadiri Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sumsel, Drs. Ahmad Yusuf Wibowo, dan Ketua Panitia KONI Sumsel, Napoleon. Acara juga dihadiri perwakilan Diknas Provinsi Sumsel, Perwakilan Bank Sumsel Babel dan beberapa Kepala Sekolah SMA/SMK di Kota Palembang.

Tournament Basket yang digelar setiap tahun ini juga diwarnai dan dimeriahkan atraksi dari Drumband Larantuka SMA Negeri 1 Palembang yang sangat memukau sehingga memberikan kesan dan menambah semangat pertandingan. (Are)

Editor : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button