HeadlineNusantaraPalembangPemprov Sumsel

Pemprov Sumsel Gaet Pertamina Bangun Taman Keanekaragaman Hayati di JSC

PALEMBANG – Pemerintah provinsi (Pemprov) Sumatera Selatan terus berupaya untuk menyediakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) bagi masyarakat. Salah satunya, Pemprov Sumsel mengajak PT Kilang Pertamina Unit 3 Plaju melakukan kerja sama membangun Taman Keanekaragaman Hayati di lokasi Jakabaring Sport Center (JSC), Palembang.

“Di situ masih tersedia lahan yang cukup dan memang kondisinya memungkinkan. Di situ kan ada rawa, ada daratan ya dan itu cukup dibutuhkan untuk memanfaatkan keanekaragaman hayati,” ucap Fatoni di Griya Agung, Palembang, Sumatera Selatan, pada Senin (1/4/2024).

Menurut Fatoni, dengan memiliki luas lahan sekitar 5 hektar, lokasi JSC sangat cocok dimanfaatkan untuk pembangunan Taman Keanekaragaman Hayati. Dengan rincian area hijau seluas 87 persen, area rendaman 3 persen, dan 10 persen sisanya akan ada pembangunan infrastruktur.

“Maka dari PT Kilang Pertamina Unit 3 Plaju tadi itu memberikan CSR untuk bisa membudidayakan, melestarikan, melindungi sekaligus untuk tempat wisata,” ungkap Fatoni.

Fatoni berharap ke depannya Taman Keanekaragaman Hayati JSC dapat dijadikan destinasi wisata bernuansa alam bagi masyarakat Sumsel. Nantinya akan ada banyak makhluk hidup, baik itu tumbuhan maupun hewan yang dibudidayakan di lokasi tersebut.

“Nanti ada banyak hewan dan tumbuhan-tumbuhan yang akan dikembangkan di situ, nah nanti bisa jadi tempat pelestarian alam,” tambah Fatoni.

Masih di lokasi yang sama, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan provinsi Sumsel, Edward Chandra menyebut akan ada banyak tanaman yang ditanam di Taman Keanekaragaman Hayati. Di antaranya tumbuhan meranti, tembesu, mesawa dan lain-lain.

“Selain untuk wisata, bisa untuk lokasi penelitian, pendidikan juga bisa untuk sumber genetik tumbuhan dan tanaman lokal, juga bisa menjadi sumber bibit dan benih, juga bisa menambah ruang terbuka hijau,” kata Edward, yang hadir mendampingi Pj Gubernur Sumsel A Fatoni melakukan penandatanganan MoU dengan GM PT Kilang Pertamina Unit 3 Plaju, Yulianto Triwibowo, terkait kerja sama pembangunan Taman Keanekaragaman Hayati di Jakabaring Sport Center.

Dalam kesempatan itu turut hadir di antaranya, GM PT Kilang Pertamina Unit 3 Plaju Yulianto Triwibowo beserta jajaran. Kemudian, turut hadir mendampingi Pj Gubernur Sumsel, yakni Asisten Ekeu dan Pembangunan, Kapala Dinas ESDM, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Pertanahan, Kepala Dinas PU Bina Marga dan Tata Ruang, Kepala Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman, Karo Pemerintahan dan Otda, Karo Hukum, Karo Umum dan Perlengkapan,Karo Humas dan Protokol serta Direktur Utama PT. JSC. (**)

Editor: Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button