PalembangSecond Headline

Pemkot Sosialisasi dan Pembinaan Panti Pijat Modern dan Tradisional serta Salon Kecantikan

Sumateranews.co.id, PALEMBANG- Sosialisasi dan Pembinaan Panti Pijat Modern dan Tradisional serta Salon Kecantikan digelar di Hotel The Zuri, Rabu (13/3/2019). Tujuan sosialisasi ini adalah agar PPUT dan PPUM serta salon kecantikan menjalankan usahanya sesuai dengan Perda Nomor 29 tahun 2011 tentang Pembinaan dan Pengawasan Panti Pijat Urut, Salon Kecantikan dan Pemangkas Rambut.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahtreaan Pemkot Palembang Sulaiman Amin mengatakan, sosialisasi ini bertujuan untuk penyampaian Perda Nomor 29 tahun 2011. Terbitnya perda itu sejak  2011 tapi baru hari ini sosialisasinya. Saat ini, visi dan misi Palembang Emas Darussalam. Yakni menjadikan kota ini aman, tentram, nyaman dan makmur.  Inilah perlunya Perda ini, ada pengawasan, pembinaan dan tertib administrasi bagi pelaku usaha di Palembang.

“Kita ingin menjadikan Palembang jadi kota pariwisata, agar menarik wisatawan sehingga dibutuhkan peran seluruh stake holder. Termasuk pengusaha peran panti pijat,” ujarnya.

“Kita harus ikuti Perda yang ada. Jangan sampai usaha bapak ibu bertentangan dengan Perda kita dan visi dan misi Palembang Emas Darussalam. Jangan bertentangan dengan norma agama.Mungkin bapak dan ibu tidak mengetahui perda nomor 29 tahun 2011. Pesan Pak Walikota Palembang jadikan kota ini nyaman bagi wisatawan sesuai bidangnya. Menimbulkan kesan mendalam,” tambah Sulaiman.

Kepala Dinas Sosial Kota Palembang Heri Aprian menuturkan, Dinsos mengurus orang terlantar, pengemis, orang gila dan yang berhubungan dengan sosial.

“Sosialisasi ini bertujuan agar peserta mengetahui Perda Nomor 29 tahun 2011. Jumlah yang ikut sosialisasi ini 100 orang dari pelaku usaha PPUT, PPUM,  Salon Kecantikan, dan Pemangkas Rambut,” katanya.

Ketua PHRI Sumsel Herlan Aspiudin menuturkan, dirinya mendapat keluhan dari pengelola Hotel Budi dan Princes, itu berkurang pengunjungnya, karena ngeri terapis PPUT yang sering nongkrong dengan pakaian tidak sopan. “Terapisnya jangan duduk di luar, dengan celano pendek. Orang takut ke hotel itu. PPUT di Jalan Kolonel Burlian juga ada yang berada di pinggir jalan. Saya minta pol PP, itu ditertibkan. Jangan mentang=mentang ada izin,  jadi sembarangan beroperasi,” bebernya.

Herlan juga meminta agar pelaku usaha PPUT, PPUM, Salon Kecantikan dan Pangkas Rambut jangan mempekerjakan karyawan di bawah umur. “Itu menjadi celah menyalahkan kita, jadi kita tertib aturan,” ucapnya.

Kabid Perlindungan Masayarakat Sat Pol PP Kota Palembang Herison menjelaskan, jam operasional PPUT dan PPUM adalah dari Jam 9 pagi sampe jam 11 malam.Ada yang sampai jam 2 malam, sampai pagi. Itu tidak boleh. Apabila ada tindakam hukum. Pemda sudah ngasih tau. Makanya dikasih buku perda ini, agar bapak ibu tahu.PPUT dan PPUM dilarang menjadi tempat pelacuran.

“Memakai pakaian tidak sopan. Kalau sudah di atas jam 11 dilarang masuk lagi. Pelajar dilarang masuk PPUT dan PPUM,” katanya.

”Pengawasan itu dilakukan Pol PP dan Dinsos.Yang melanggar ada teguran tertulis. Jika teguran tudak diindahkan, Walikota berwenang pencabutan izim PPUT, PPUM dan salon kecantikan. Tempatnya bisa disegel,” pungkasnya.

 

Laporan          : Sri Gumay

Editor/Posting : Imam Ghazali

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button