Pemkab OKI Ajak Pramuka Siaga Bencana

14

Sumateranews.co.id, KAYUAGUNG- Bupati Ogan Komering Ilir (OKI), H Iskandar, mengajak para Anggota Pramuka di OKI untuk siaga bencana.

Ajakan tersebut disampaikan Iskandar yang menjabat selaku Ketua Majlis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka di OKI saat upacara peringatan HUT Pramuka tingkat Kabupaten OKI di Kantor Bupati OKI, Rabu (14/08/2019).

Iskandar mengingatkan dalam beberapa kasus seperti Karhutbunlah (kebakaran hutan kebun dan lahan) agar Pramuka juga harus bisa ambil bagian.

“Misalnya, dalam kasus kebakaran hutan kebun dan lahan, Pramuka bisa berperan menjaga kelestarian lingkungan sekitarnya,” ungkap Iskandar.

Hal ini dinilainya bagian dari menjaga marwah Pramuka dalam bidang sosial dan berkontribusi membantu kesejahteraan masyarakat.

Menanggapi hal ini, Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka kabupaten OKI, H Husin S. Pd, MM mengungkapkan, jika memang dibutuhkan gerakan Pramuka di OKI siap membantu dalam menangani bencana. Di OKI sendiri, salah satu bencana yang saat ini diantisipasi adalah terkait masalah karhutla.

“Pramuka harus tangguh. Karena di Pramuka itu sendiri ada Pramuka peduli tani, ada Pramuka peduli sosial, dan ada juga Pramuka peduli bencana bahkan kita juga mengirimkan anggota ketika dan kegiatan seperti musim mudik lebaran,” ungkapnya usai apel.

Ia menambahkan, sekarang Pramuka sudah masuk dalam beberapa lembaga ataupun instansi seperti Polres, Kodim yang tergabung dalam satuan karya (saka).

‘’Untuk itu dalam kegiatan apapun Pramuka sering kita kirim, yang penting sekecil apapun yang penting dia (anak Pramuka) itu bisa mengabdikan dirinya kepada negara,’’ tegasnya.

 

Laporan          : Aliaman

Editor/Posting : Imam Ghazali

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here