Pemkab Muba MoU dengan Kemenkum Ham

0
270

Sumateranews.co.id, SEKAYU – Bupati Musi Banyuasin H. Dodi Reza Alex Noerdin bersama kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Provinsi Sumatera Selatan DR. H. Sudirman D. Hury, SH., MM.,MSc, menandatangani nota kesepakatan hukum (MoU) terkait Pencanangan Muba Cerdas Hukum di Auditorium Pemkab Muba, Rabu (14/6).

Bersamaan dengan Acara pada pagi hari ini, Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex juga melaunching aplikasi JDIH Muba berbasis aplikasi android yang dapat didownload disemua handphone berbasis android. Launching aplikasi JDIH Muba berbasis android ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Muba bersama-sama dengan Kakanwil Kemenkumham Sumsel.

Acara dihadiri oleh Plt. Sekda Musi Banyuasin, Forkompinda Musi Banyuasin, Perwakilan Polres Sekayu, Komandan Kodim 0401 Muba, para Kepala Perangkat Daerah SKPD, Ketua KPU Kabupaten Musi Banyuasin, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan Ham (Sukamta), Kepala Divisi Pemasyarakatan (Zulkipli), Kalapas Kelas IIB Sekayu, Pejabat struktural di lingkungan Kanwil Kemenkumham Sumsel, dan para organisasi bantuan hukum serta Mahasiswa dan Pelajar.

Dalam sambutannya, Bupati Muba H. Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan bahwa aplikasi sadar hukum, penandatangan nota kesepakatan hukum, peluncuran aplikasi, bukan hanya menjadi slogan. “Hari ini Muba bergerak menuju pelayanan dan eksistensi hukum, kalau kita perhatikan negara tetangga yang maju itu semua karena taat hukum, untuk membangun, pencanangan ini bukan hanya menjadi moto atau tagline namun untuk menginventasikannya, perlu dilakukan penyuluhan kepada masyarakat. Insya Allah Muba cerdas hukum dan kami juga berharap kerjasama ini dapat dikembangkan di masa yang akan dating,” ungkapnya.

Sementara dalam sambutannya, Kakanwil Sumsel berharap ke depannya Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin bisa menjadi pendamping bagi masyarakat Muba untuk bisa memperoleh bantuan hukum gratis bagi warga miskin.

“Kegiatan hari ini merupakan salah satu bentuk kerjasama antara Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Sumsel dengan Pemerintahan Kabupaten Musi Banyuasin, di bawah kepemimpinan Bupati Musi Banyuasin yang baru saja dilantik lebih kurang 1 bulan yang lalu, sangat cepat responnya dan kinerjanya, sehingga diharapkan kedepannya Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin bisa menjadi pendamping bagi masyarakat Muba untuk bisa memperoleh bantuan hukum gratis bagi warga miskin,” tandasnya.

Laporan : Hasbullah
Editor : Imam Ghazali