Pemkab Muba Luncurkan Layanan Jemput Pasien Gawat Darurat 24 Jam

30
Petugas Dinkes Muba sedang menjemput pasien untuk dibawa ke RSUD Sekayu

Sumateranews.co.id, MUBA – Pemerintah Kabupaten Musi Banyuasin meluncurkan layanan program siaga 24 jam menjemput pasien kategori gawat darurat yaitu Public Safety Center (PSC) 119 / 08123000119, Layanan itu serupa transportasi daring, tugasnya mengantar pasien gawat darurat ke sarana kesehatan terdekat baik itu puskesmas maupun rumah sakit.

Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza Alex Noerdin mengatakan, layanan itu merupakan salah satu inovasi baru dari Dinas Kesehatan Kabupaten Musi Banyuasin, program layanan ini merupakan upaya pemerintah untuk mempermudah dan melayani masyarakat, Musi Banyuasin untuk bisa mendapatkan pelayanan secara langsung cepat dalam kondisi kegawat daruratan dengan pola si-stem jemput kelokasi sesuai laporan warga.

“Kehadiran PSC 119 saya yakin dapat memberikan solusi terbaik bagi masyarakat Muba dalam memperoleh pelayanan kegawatdaruratan di bidang medis, yang mana selama ini memang menjadi kendala utama dalam transportasi cepat untuk mendapatkan penanganan medis terutama yang bersifat darurat,” ucap Dodi.

Sementara itu Menurut Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Muba, dr Azmi Dariusmansyah menjelaskan bahwa filosofinya itu kita ingin negara hadir di tengah masyarakat. Saat masyarakat panik dan memerlukan pelayanan kegawatdaruratan secara langsung maka cukup menghubungi nomor telepon PSC 119 dan atau 112 Muba Fast Track.

“Adapun kasus-kasus yang bisa di lakukan yaitu meliputi kasus kegawatdaruratan kebidanan, kasus kecelakaan lalu lintas, dan kasus lainnya yang bersifat kegawatdaruratan,”jelasnya.

Lebih lanjut Azmi menuturkan, sistem yang dipakai bisa menghubungi langsung 119 melalui Nomor telepon 08123000119, atau dengan sistem mendownload aplikasi PSC 119 Kabupaten Musi Banyuasin Emergensi button di playstore Handphone android serta bisa juga langsung menghubungi call emergensi 112, karena aplikasi ini sudah terintegrasi dengan command center 112 yang dikelola Diskominfo Musi Banyuasin.

“Para petugas yang tergabung pada PSC 119 akan segera menjemput pasien kegawatdaruratan yang siaga selama 24 jam”, tambah Azmi.

Terpisah Herryandi Sinulingga Kadin Kominfo Musi Banyuasin membenarkan bahwa Aplikasi 119 sudah terintegrasi dengan Aplikasi 112 Dinkominfo Muba yang dinamakan Aplikasi Fast Track, dan aplikasi Muba Fast Track Juga bisa di download melalui play store, dengan terintegrasinya layanan emergency 112 dengan 119 tujuannya sebagai percepatan layanan yang langsung dapat kami tindak lanjuti sesuai dengan tujuan aplikasi ini mempermudah masyarakat melaporkan yang diperlukan khususnya melayani warga masyarakat muba dalam keadaan emergency, untuk itu silahkan masyarakat manfaatkab layanan ini karena ini adalah program Pemerintah yang wajib hadir untuk melayani warganya sesuai arahan bapak bupati Dodi Reza Alex,” Pungkasnya.

Sumber : Rel

Editor    : Lan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here