Muara EnimPemiluSecond HeadlineSumsel

Pemkab Muara Enim Gelontorkan Anggaran Rp 4 M untuk Pilkades di 107 Desa di 3 Kecamatan

Tahap Persiapan Dimulai 22 Juni Mendatang

MUARA ENIM – Pemerintah Kabupaten Muara Enim melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) mulai mensosialisasikan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak 2021. Kegiatan Sosialisasi pemilihan kepala desa, yang digelar di Aula Kecamatan Gelumbang, Selasa (9/6/21) ini diikuti oleh Badan Permusyawaratan Desa (BPD), Kepala Desa dari tiga Kecamatan, yakni Gelumbang, Kelekar, dan Muara Belida.

Kepala Bidang Pemerintahan Desa (PMD) Muara Enim, Darmin mengatakan, pihaknya melaksanakan sosialisasi Pilkades di Kecamatan Gelumbang dan 2 kecamatan lainnya, yaitu Kecamatan Kelekar, dan Muara Belida.

“Ada 107 desa yang akan melaksanakan Pilkades serentak di tahun 2021 ini, dalam pelaksanaannya mohon untuk menerapkan Prokes Covid-19 secara ketat,” tegas Darmin.

Dikesempatan itu Darmin menjelaskan, dalam pelaksanaan Pilkades serentak nantinya, Pemerintah Kabupaten Muara Enim akan menganggarkan dana sebesar 4 Miliar Rupiah, untuk biaya operasional pelaksanaan Pilkades di 107 desa. Pengalokasian anggaran itu sendiri diperuntukan bagi operasional dan juga honor panitia Pilkades.

“Dan apabila dalam pelaksanaannya, dana yang telah dianggarkan tersebut dirasa kurang, maka pihak Pemdes bisa menambahnya menggunakan dana APBDes sesuai dengan kebutuhan,” ungkapnya.

Darmin menambahkan, untuk tahap persiapan Pilkades akan dimulai pada 22 Juni 2021 mendatang, sekaligus waktu berakhirnya masa jabatan kades definitif. Sedangkan tahap pemungutan akan dilaksanakan pada 16 Oktober mendatang.

Untuk Kades yang ingin mencalonkan diri kembali, maka harus membuat surat pengajuan. Sedangkan untuk peserta calon kades disetiap desa, dibatasi maksimal 7 orang dan minimal 3 orang.

“Masa jabatan kades akan berakhir pada 2 Juni, dan apabila kades ingin mencalonkan kembali maka harus membuat surat pengajuan mencalonlan diri sebagai calon kades,” pungkas Darmin.

Hadir dalam acara sosialisasi tersebut di antaranya, Kepala Dinas PMD Muara Enim, yang diwakili Kabid PMD, Darmin, beserta tim selaku pemapar dalam sosialisasi tersebut. Kemudian juga dihadiri oleh Camat Gelumbang, H Restu Joni Karla, Camat Kelekar, Fikri Hidayat, Camat Muara Belida, Budi Purwanto, Kapolsek Gelumbang, IPTU Hary Dinar, yang diwakili Kanit Intelkam Polsek Gelumbang, Danramil 404-01 Gelumbang, Kapt Arh Mardin, yang diwakili anggota Babinsa, beserta seluruh Kepala Desa (Kades) dari 3 kecamatan yang akan mengikuti Pilkades serentak tahun 2020 ini dan BPD.

Laporan : Anil III Editor : Donni

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button