Sumateranews.co.id, BANYUASIN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banyuasin melalui Dinas Komunikasi dan Informatika secara resmi meluncurkan Aplikasi Sembilang Smart City di Halaman Kantor Bupati Banyuasin, (5/7).
“Aplikasi ini sudah di perkenalkan (dipaparkan) dihadapan Bupati Banyuasin dan sejumlah Kepala OPD 29 Juni yang lalu” kata Kepala Dinas Kominfo Erwin Ibrahim, ST MM MBA saat memperkenalkan Aplikasi Sembilang Smart City dihadapan awak media.
Dengan aplikasi tersebut, Erwin mengatakan, masyarakat dapat secara langsung mengunduh aplikasi ini secara mudah. “Jika selama ini kita dapat mencari informasi melalui banyuasinkab.go.id. dan ini adalah cikal bakal dari Sembilang smart city ini, maka perluasannya adalah aplikasi Sembilang smart city. Kita berharap dengan program ini masyarakat tidak lagi protes sana-sini,” jelas Erwin.
Aplikasi Sembilang Smart City ini dapat di download pada Ponsel pintar berbasis android dan Iphone, beberapa fitur disediakan dalam aplikasi ini antara lain Pelayanan Umum, Informasi Publik, Kesehatan, Pendidikan, Perhubungan, Banyuasin TV, Informasi Cuaca, Informasi Kepolisian, Tempat Ibadah, Kuliner, Pendidikan, Lowongan Kerja, Lapak Jual Beli, Wisata, UMKM dan banyak lagi yang menu lainya cukup dalam 1 (satu) aplikasi saja.
Dirinya berharap, organisasi perangkat daerah (OPD) dapat aktif melihat dan mengupdate informasii terbaru dan peka terhadap keluhan masyarakat. Kedepan diharapkan semua pelayanan terintegratif disatu tempat yang lebih besar.
“Tujuannya adalah untuk membentuk komitmen bersama terhadap Integrasi pelayanan publik berbasis teknologi informasi komunikasi. Yang merupakan suatu inovasi proyek perubahan didalam memperbaiki pelayanan publik menjadi lebih mudah cepat dan efisien.” katanya lagi.
Usai memperkenalkan Aplikasi Sembillang smart city, ia juga memperkenalkan Pusat Pelayanan publik (Sembilang) yang berada di Ruang Utama Kantor Bupati Banyuasin. “Kita tempatkan agen-agen pelayanan antara lain Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Dinas Kesehatan, BPBD Kesbangpol, SatPolPP, Pemadam Kebakaran, Dinas Perumahan Rakyat Permukiman, Pertanahan, Dinas Perhubungan, Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPTSP), Dinas lingkungan hidup, serta Dinas Tenaga Kerja dan tentunya pelayanan ini akan terus ditingkatkan di kemudian hari”, imbuhnya.
Masih menurut dia, pada pusat layanan ini juga akan terintegrasi dengan Layanan Darurat Call Center 112, sehingga masyarakat dengan mudah dapat berinteraksi dengan pemerintah secara cepat dan terintegrasi agar dapat direspon secara cepat oleh pemerintah kabupaten banyuasin, baik darurat kriminalitas, kesehatan, kebakaran, kependudukan, perhubungan, lingkungan hidup, ketenaga kerjaan dan lain sebagainya.
Laporan : Herwanto/Rell
Editor : Syarif